Dua Jendral Terkait Kasus Gayus Jadi Analis Staf Ahli Kapolri

Nasional / 25 February 2012

Kalangan Sendiri

Dua Jendral Terkait Kasus Gayus Jadi Analis Staf Ahli Kapolri

Budhi Marpaung Official Writer
3128

Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) melakukan mutasi besar-besaran pekan ini. Diantara sejumlah perwira tinggi yang dimutasi, terdapat dua nama Jendral Polisi yang pernah disebut-sebut dalam kasus pajak Gayus Tambunan.

Sebagaimana dirilis VIVanews, Jumat (24/2), Brigjen Pol Edmon Ilyas dan Brigjen Pol Raja Erizman menempati pos baru tertanggal 23 Februari 2012 yakni sebagai Analis Staf Ahli Kapolri. Walaupun begitu, keduanya tidak mengurusi pekerjaan yang sama.

Brigjen Pol Edmon Ilyas akan bertugas dalam hal Kebijakan Utama Bidang Sosial Ekonomi, sementara Brigjen Pol Raja Erizman dalam hal Kebijakan Utama Bidang Sosbud Staf Ahli Kapolri.

Untuk diketahui, kedua mantan Direktur Ekonomi Khusus Bareskrim Polri itu, oleh  Mabes Polri telah dinyatakan melanggar kode etik saat menangani skandal pajak Gayus.

Dalam sidang kode etik Maret 2011 lalu, Brigjen Edmon dan Raja dihukum tidak boleh berkarir lagi di lingkungan Bareskrim Polri. Keduanya dinyatakan sudah melakukan perbuatan tercela dan diwajibkan meminta maaf kepada institusi kepolisian.

Edmon dinilai lalai tidak mengawasi kinerja penyidik yang menjadi bawahannya. Sementara Raja dinilai tidak memantau jalannya penyidikan hingga membuka blokir rekening Gayus senilai Rp28 miliar yang masih dinyatakan terkait pidana.

Terlepas dari mutasi pejabat polisi adalah hak prerogatif Mabes Polri, tetapi seharusnya track record orang yang dimutasi juga dilihat dan menjadi pertimbangan. Apakah pantas seorang pejabat yang terbukti secara kode etik telah melakukan pelanggaran menjadi bagian dari staf ahli Kapolri? Apalagi kesalahan yang mereka lakukan ada hubungannya dengan kasus korupsi Gayus Tambunan yang sempat menggegerkan seluruh Indonesia. Semoga saja ke depan Mabes Polri semakin bijak untuk memutuskan menempatkan para pejabat tingginya di pos-pos yang baru.

 

Baca juga:

kopdar yg berdomosili yogya,solo dan sekitarnya

Valentine Photo Contest Ekspresikan Cintamu

Sumber : vivanews.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami