Sebulan Bisu, Wanita Inggris Ini Jadi Berlogat Prancis

Nasional / 15 February 2012

Kalangan Sendiri

Sebulan Bisu, Wanita Inggris Ini Jadi Berlogat Prancis

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3513

Mungkin salah satu yang paling sukar dipelajari dari bahasa asing adalah logat atau aksennya, tapi wanita Inggris ini sebaliknya. Dia tidak pernah mengunjungi negara tempat menara Eifel tersebut, atau berpikir untuk mempelajari bahasanya, namun setelah sembuh dari sakit, ia mendadak bisa bicara dengan aksen Prancis.

Awalnya Debie Royson (40), tidak bisa berbicara sama sekali karena sakit yang dideritanya selama satu bulan. Namun ketika akhirnya dia belajar untuk bicara, aksen british-nya hilang dan tergantikan aksen Prancis yang kental.

"Setelah sakit, saya harus belajar berbicara lagi. Tapi ketika saya lakukan, saya mendengar suara yang berbeda, bukan aksen Brummie saya, tapi malah mengoceh aksen Prancis yang saya belum pernah ke sana," ujar ibu dua anak ini.

Debie ternyata termasuk 60 orang di seluruh dunia yang menderita aksen asing, namun menurut Prof. Nick Miller dari Newcastle University yang mendiagnosis, hal ini tidaklah lama. "Untuk sebagian besar mereka yang terkena sindrom ini, hanya untuk hitungan bulan, sebelum kembali ke aksen semula," katanya. Namun tak tertutup kemungkinan ia akan beraksen Prancis secara permanen.

Wah, ada-ada saja penyakit zaman sekarang. Semoga kesehatan Debie bisa kembali pulih dan aksen aslinya juga kembali.

Sumber : tempo/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami