Modus Terbaru Curi Kendaraan dengan Menukar Plat Nomor

Nasional / 15 February 2012

Kalangan Sendiri

Modus Terbaru Curi Kendaraan dengan Menukar Plat Nomor

Lois Official Writer
3449

Belakangan ini, beredar kabar baik melalui jejaring sosial ataupun via Blackberry Messenger (BBM) tentang modus operandi terbaru kasus pencurian kendaraan bermotor, apakah itu berita benar atau hoax semata? Ternyata tidak. NTMC Mabes Polri, Selasa (14/2) meminta para pemilik kendaraan bermotor untuk mewaspadai aksi ini.

Tren terbaru adalah dengan menukar pelat nomor kendaraan bermotor yang hendak dicuri. Modus ini bisa dilakukan meski di tempat parkir motor yang memiliki penjagaan. Kawanan pencuri ini biasanya datang ke tempat-tempat parkir resmi di pusat perbelanjaan atau tempat lainnya. Kendaraan yang mereka incar biasanya terletak agak jauh dari loket pembayaran atau bagian yang jauh dari pengawasan petugas.

Mereka biasanya sudah menyediakan plat nomor yang sesuai dengan STNK yang juga sudah mereka siapkan. Mereka kemudian mencari kendaraan ayng sesuai tipenya seperti yang tertera di STNK. Setelah plat kendaraan terpasang, pelaku dengan santai keluar area parkir.

Ketika ditanya tiket, pelaku akan mengaku kehilangan tiket tersebut sehingga hanya membayar harga tiket yang hilang dan bebas keluar dengan kendaraan hasil curian. Polisi meminta pemilik kendaraan bermotor untuk memarkir kendaraannya di tempat yang mudah diawasi petugas parkir dan gunakanlah kunci pengaman tambahan.

Modus ini terbilang bisa dengan mudah dilakukan karena pelaku tinggal mengganti plat nomor yang sudah mereka siapkan sebelumnya beserta STNK-nya. Karena itu, berhati-hatilah. Gunakanlah kunci pengaman tambahan, selain itu juga alarm yang memadai.

Sumber : detik/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami