SBY : Kasus GKI Yasmin, Saya Percayakan Penuh Pada Pemda

Internasional / 14 February 2012

Kalangan Sendiri

SBY : Kasus GKI Yasmin, Saya Percayakan Penuh Pada Pemda

Lois Official Writer
3308

Kasus sengketa Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin di Bogor, Jawa Barat akhirnya mendapat tanggapan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam mengatasi masalah tersebut, SBY menyatakan tak ingin terlalu reaktif dalam menyikapinya. Persoalan tersebut merupakan porsi pemerintah daerah untuk menyelesaikannya.

“Saya tidak ingin reaktif, karena ada porsi pemerintah daerah yang bisa menyelesaikan masalah ini baik gubernur, bupati, maupun walikota,” ujar Presiden SBY di Istana Negara, Jakarta (13/2) malam menanggapi pertanyaan wartawan. Presiden SBY berpendapat kasus kekerasan antarumat beragama kerap terjadi di sejumlah daerah, tidak saja saat ini namun juga beberapa puluh tahun sebelumnya. Termasuk, kasus sengketa GKI Yasmin yang terjadi 2002 silam, yang merupakan era kepemimpinan presiden sebelumnya.

“Saya percayakan penuh kepada Walikota Bogor, Gubernur Jawa Barat dan dibantu oleh sejumlah menteri untuk mengatasi hal ini. Saya ingin umat Kristiani bisa beribadah di tempatnya, sebagaimana umat lainnya baik Islam, Katolik, Hindu, Budha,” tegas SBY.

Kendati demikian, SBY menambahkan bahwa masalah ini juga mendapat perhatiannya. Menurutnya, masalah ini memang ada komplikasi keputusan hukum dari satu putusan dengan putusan lainnya. Kendati demikian, sengketa ini sudah diupayakan penyelesaiannya termasuk beberapa opsi pembangunan tempat ibadah di lain tempat di Bogor, agar umat Kristiani bisa beribadah dengan aman dan nyaman.

Dengan kata lain, apakah SBY menganggap bahwa relokasi rumah ibadah merupakan jalan keluar yang baik, padahal seharusnya seorang presiden mentaati keputusan MA? Lagi-lagi sepertinya SBY tidak mau mencampuri masalah ini, padahal dia sendiri berkata bahwa masalah ini mendapat perhatiannya. Perhatian itu terwujud dalam tindakan nyata. Bukan hanya sekedar perkataan.

 

Jika Anda ingin mewujudkan perhatian dan kasih sayang Anda kepada orang-orang yang Anda kasihi, Anda pun bisa langsung mewujudkannya dalam tindakan nyata dengan mengikuti valentine foto kontes Expresikan Cintamu. Upload foto Anda di fotoku.jawaban.com dan jadilah agen cinta yang menyebarkan cinta seluas-luasnya.

Sumber : liputan6/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami