Hari Ini Digelar Rapat Gabungan ke-4 Soal GKI Yasmin

Internasional / 8 February 2012

Kalangan Sendiri

Hari Ini Digelar Rapat Gabungan ke-4 Soal GKI Yasmin

Lois Official Writer
3052

Rapat gabungan antara DPR, pemerintah, dan pihak terkait membahas masalah Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin di Bogor kembali dijadwalkan digelar di Kompleks DPR Jakarta, Rabu (8/2) hari ini. “Rapat jam 13.00,” kata Eva Kusuma Sundari, anggota Komisi III DPR, melalui pesan singkat. Rapat itu dipimpin Wakil Ketua DPR Pramono Anung. Rencananya dari DPR akan diikuti oleh Komisi II, III, dan VIII.

Adapun dari pemerintah akan hadir Menteri Koordinasi Politik Hukum dan Keamanan, Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri, Kepala Polri, Ombudsman, Gubernur Jawa Barat, dan Walikota Bogor. Ikut diundang, pengurus GKI Yasmin. Penjadwalan rapat kali ini adalah yang keempat kalinya, setelah tiga kali sebelumnya pemerintah tak memenuhi undangan pimpinan DPR.

Kemarin, Selasa (7/2) Eva pernah mengatakan, “Tidak ada konsistensi dan ketegasan pemerintah pusat justru penyebab rendahnya wibawa negara sehingga muncul tindakan anarkis kelompok-kelompok masyarakat di daerah,” ujarnya. Indonesia yang menganut sistem hukum tunggal sehingga wewenang daerah adalah semata menjalankan putusan hukum peradilan. Karena itu, dia mengaku heran dengan pernyataan juru bicara Presiden yang menyatakan intervensi Presiden soal GKI Yasmin terhalang UU Pemda.

Bagaimanakah hasil rapat gabungan yang diadakan hari ini? Apakah akan ada penyelesaian buat kasus ini secara adil dan sebenar-benarnya sehingga kaum minoritas mendapatkan hak mereka untuk beribadah? Ibadah kepada Tuhan memang tidak harus selalu di dalam gereja, namun gereja adalah tempat yang sah untuk menyatakan iman.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami