Gempa 6,8 SR Guncang Filipina, 6 Tewas

Nasional / 6 February 2012

Kalangan Sendiri

Gempa 6,8 SR Guncang Filipina, 6 Tewas

Puji Astuti Official Writer
2926

Gempa berkekuatan 6,8 Skala Richter (SR) mengguncang Filipina pada Senin (6/2) pukul 10.49 WIB, gempa tersebut membuat Lembaga Vulkanologi dan Seismologi Filipina membuat peringatan tsunami untuk berjaga-jaga kemungkinan yang terburuk.

Pusat gempa terjadi sekitar 5 km dari pantai Tayasan, Negros Oriental dan pada kedalaman 10 km. Dampak gempa dapat dirasakan hingga Kota Dumaguete. Dampak gempa menyebabkan kerusakan sejumlah bangunan dan setidaknya 6 orang dilaporkan tewas serta 29 orang dikabarkan hilang.

Laporan terakhir menyatakan bahwa gempa susulan terjadi 30 menit setelah gempa pertama namun dengan kekuatan yang lebih rendah, yaitu 4,8 SR dan 5,6 SR. Sebelumnya, pada hari Minggu (5/2) Filipina telah diguncang gempa dengan kekuatan 6 SR dan 5,8 SR.

Filipina merupakan bagian dari Lingkaran Cincin Api Pasifik atau “Ring of Fire” yang merupakan jajaran gunung berapi di kawasan pasifik yang rawan gempa dan letusan vulkanik. Untuk itu, seperti di Indonesia, Filipina juga termasuk negara yang rawan bencana alam. Mari doakan Filipina agar gempa yang terjadi tidak memakan korban jiwa yang besar dan pemulihan segera terjadi.

Sumber : Berbagai Sumber|Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami