Yang Perlu Orangtua Ketahui Tentang Homeschooling

Parenting / 1 February 2012

Kalangan Sendiri

Yang Perlu Orangtua Ketahui Tentang Homeschooling

Lois Official Writer
4150

Banyak orangtua yang kini memilih untuk menyekolahkan anaknya di rumah saja, biasa disebut dengan homeschooling. Namun, ada juga orangtua yang belum mengerti apakah homeschooling ini benar-benar metode yang baik dan dapat diterapkan pada anak mereka, karena itu kali ini kita akan membahas mengenai homeschooling dan mengapa homeschooling ini bisa jadi pilihan untuk anak-anak dapat belajar.

Homeschooling adalah metode belajar cara lain selain di sekolah. Salah satu pengertian umum homeschooling adalah keluarga memilih untuk bertanggung jawab sendiri atas pendidikan anak-anak dan mendidik anaknya dengan berbasis rumah. Pada homeschooling, orangtua bertanggung jawab sepenuhnya atas proses pendidikan anak, sementara pada sekolah, tanggung jawab itu didelegasikan kepada guru dan sistem sekolah.

Walaupun orangtua menjadi penanggung jawab utama homeschooling, tapi pendidikan homeschooling tidak hanya ataupun harus dilakukan oleh orangtua. Orangtua dapat mengundang guru privat, mendaftarkan anak pada kursus, dan lain sebagainya. Proses homeschooling dapat dilakukan dimana saja,t idak harus di rumah dan dapat menggunakan sarana apa saja.

Keberadaan homeschooling di Indonesia pun telah diatur, hal ini tertuang dalam UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 27 ayat 10 yang berbunyi, “Kegiatan pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.” Homeschooling tidak harus memenuhi penyetaraan pendidikan, hal ini sifatnya optional. Tapi penyetaraan digunakan untuk dapat dihargai dan setara dengan hasil pendidikan formal, harus melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah atau pemerintah daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

Kelebihan homeschooling :
Bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak dan kondisi keluarga
Lebih memberikan peluang untuk kemandirian dan kreativitas individual yang tidak didapatkan dalam model sekolah umum
Memaksimalkan potensi anak sejak usia dini, tanpa harus mengikuti standar waktu yang ditetapkan di sekolah
Lebih siap terjun di dunia nyata karena proses pembelajarannya berdasarkan kegiatan sehari-hari yang ada di sekitarnya
Kesesuaian pertumbuhan nilai-nilai anak dengan keluarga. Relatif terlindung dari paparan nilai dan pergaulan yang menyimpang
Kemampuan bergaul dengan orangtua dan yang berbeda umur
Biaya pendidikan dapat menyesuaikan dengan keadaan orangtua

Kekurangan homeschooling :
Butuh komitmen dan keterlibatan tinggi dari orangtua
Sosialisasi seumur relatif rendah. Anak relatif tidak terekspos dengan pergaulan yang heterogen secara sosial
Ada resiko kurangnya kemampuan bekerja dalam tim, organisasi, dan kepemimpinan
Perlindungan orangtua dapat memberikan efek samping ketidakmampuan menyelesaikan situasi sosial dan masalah yang kompleks tidak terprediksi.

Semua sistem pendidikan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, semua pilihan ada di tangan Anda. Setelah mengetahui secara lengkap tentang homeschooling, Anda mungkin dapat mempertimbangkan, pendidikan yang seperti apa yang cocok untuk anak Anda.

Sumber : psikologizone.com/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami