PBB : 20 Tahun lagi Milyaran Penduduk Dunia Melarat!

Nasional / 31 January 2012

Kalangan Sendiri

PBB : 20 Tahun lagi Milyaran Penduduk Dunia Melarat!

daniel.tanamal Official Writer
2424

Pernyataan bahwa “Bumi semakin tua” semakin santer diberitakan untuk menggambarkan berkurangnya kemampuan bumi untuk menjadi tempat hidup seluruh mahluk akibat semakin bertambahnya penduduk. Seiring bertambahnya penduduk itu, kemelaratan diprediksi akan melanda 3 milyar penduduk dunia.

Dilansir kantor berita Reuters, pada peringatan yang disampaikan PBB, hari Senin (30/1/2012) ini, diperkirakan pada 2040 mendatang penduduk dunia akan mencapai 9 miliar orang. Pada masa itulah peningkatan tajam pertambahan penduduk terjadi. Akibatnya dunia tak punya waktu lagi untuk memastikan kecukupan pangan, air, dan energi, berkaitan dengan hal tersebut.

Karena pertumbuhan ini akan mendorong permintaan yang luar biasa akan air, makanan, dan energi. Untuk itulah seperti dalam laporan resmi PBB, pada tahun 2030 nantinya, dunia akan lebih membutuhkan tambahan 50 persen makanan, 45 persen lebih tambahan energi, sekitar 30 persen tambahan air. Padahal, perubahan dalam lingkungan akan menciptakan pasokan yang lebih terbatas.

Yang terjadi kemudian adalah, jika dunia gagal mengatasi semua kebutuhan ini, maka risiko yang akan terjadi yakni sekitar 3 miliar orang akan terperosok dalam kemiskinan dan kemelaratan. Dunia tidak saja dalam, tetapi harus lebih cepat bergerak untuk bisa memenuhi tambahan kebutuhan penduduk dunia.

Dua hal yang harus kita lakukan dan renungkan adalah, kita harus tersadar untuk hidup selaras dan seimbang dengan alam sekitar dengan ikut melestarikannya. Gaya hidup juga perubahan pola pikir harus dilakukan untuk menjaga bumi teteap pada fungsinya. Terakhir adalah, imani dan tumbuhkan damai sukacita diantara sesame. Karena hal itulah yang membuat kita dapat tetap tenang menghadapi keseluruhan hidup yang penuh pergumulan.

Sumber : reuters - kompas.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami