Apple Bantah Drama Horor di Pabrikan iPhone

Nasional / 30 January 2012

Kalangan Sendiri

Apple Bantah Drama Horor di Pabrikan iPhone

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2790

Sungguh ironi, di tengah kesuksesan penjualan iPhone dan iPad, ada banyak cerita miring bahkan horor di balik pembuatan gadget tersebut. Foxconn, mitra Apple untuk memproduksi iPhone dan iPad menjadi perbincangan setelah New York Times mengangkat kisah kelam buruh pekerjanya.

Menurut New York Times, Foxconn memberikan gaji yang sangat rendah untuk para karyawannya, jam kerja pun tidak manusiawi sehingga kerap terjadi aksi bunuh diri oleh karyawan, karena tidak tahan menghadapi tekanan di pekerjaan. Tudingan terhadap Apple yang tidak memperhatikan nasib para buruh ini, dibenarkan oleh mantan eksekutif yang mengetahui kondisi internal perusahaan.

"Apple tak pernah memperhatikan hal-hal selain meningkatkan kualitas produk dan menurunkan ongkos produksi. Kesejahteraan buruh sama sekali tidak menarik perhatian mereka," kata Li Mingqi, mantan karyawan di manajemen pabrik Foxconn yang biasa membuat gadget Apple.

CEO Apple Tim Cook membantah anggapan miring tersebut. "Anggapan bahwa kami tidak memperhatikannya adalah salah dan menyerang kami. Seperti yang Anda ketahui, tuduhan seperti itu berkebalikan dengan nilai-nilai kami,” ungkapnya. Cook menambahkan, Apple telah melakukan banyak hal untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan termasuk memberikan pengetahuan tentang hak-hak mereka.

Perusahaan yang baik harus juga memperdulikan nasib kesejahteraan karyawaannya. Tanpa mereka perusahaan tidak dapat melakukan produksi yang justru akhirnya merugikan perusahaan.

Sumber : berbagaisumber/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami