Walikota Bogor Resmi Larang Jemaat GKI Yasmin Beribadah

Internasional / 30 January 2012

Kalangan Sendiri

Walikota Bogor Resmi Larang Jemaat GKI Yasmin Beribadah

Lois Official Writer
4007

Putusan Mahkamah Agung (MA) yang telah sah menetapkan keabsahan jemaat GKI Yasmin untuk mendirikan gereja di Kompleks Perumahan Taman Yasmin Bogor kembali tidak dianggap. Pasalnya, walikota Bogor, Diani Budiarto secara resmi telah melarang jemaat GKI Yasmin untuk beribadah.

Pada Jumat (27/1) yang lalu melalui Surat Edaran Nomor 452.2/206 yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Bambang Gunawan atas nama Walikota Bogor Diani Budiarto yang ditujukan pada GKI Yasmin, pemerintah Kota Bogor meminta GKI untuk tidak melakukan kegiatan apapun di lingkungan tersebut, termasuk ibadah.

Hal ini diungkapkan juru bicara GKI Yasmin, Dwiati Novita Rini dan membuat jemaat GKI Yasmin melakukan ibadah di depan Istana Merdeka sekaligus melakukan unjuk rasa. Surat itu, menurut Bona Sigalingging, kembali mengukuhkan pembangkangan hukum Pemkot Bogor terhadap hukum. Pelanggaran tersebut diperkuat dengan intimidasi dari aparat Kepolisian Daerah (Polda) Metro Bogor.

Menurut Bona juga, walikota Bogor Diani dinilai telah melecehkan presiden SBY. Padahal Presiden melalui juru bicaranya, Julian Pasha 26 Desember lalu mengatakan putusan MA harus segera ditegakkan. Iapun mengingatkan bahwa sang walikota juga melawan putusan MA serta rekomendasi Ombudsman RI terkait hal ini. Bona pun mengkritik pemerintah pusat sepertinya tak serius menangani masalah yang terjadi selama beberapa tahun ini. “Ini yang kami sesalkan. Sebenarnya semakin lama pemerintah pusat tidak bertindak, persoalannya akan semakin merembet,” katanya.

Lagi-lagi terjadi masalah menyangkut GKI Yasmin, namun tetap saja tidak ada jalan keluar. Pemerintah sepertinya tidak peduli, rapat gabungan tiga kali gagal dilaksanakan karena sepertinya ada urusan yang lebih penting. Lalu, bagaimana tanggapan SBY? Biarlah semua masalah kita bawa kepada Tuhan dan kita akan lihat bagaimana penyelesaian yang terbaik yang bisa didapat. Semoga tidak ada kekerasan antar umat beragama.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami