Pesan Paus Benediktus XVI Mengenai Media Sosial

Internasional / 28 January 2012

Kalangan Sendiri

Pesan Paus Benediktus XVI Mengenai Media Sosial

daniel.tanamal Official Writer
2941

Bertepatan dengan Hari Komunikasi Sedunia Selasa kemarin (24/1),  Paus Benediktus XVI menyampaikan pesannya tentang media sosial. Inti dari pesan tersebut adalah keseimbangan antara mendengar dan berbicara.

Paus mengatakan akhir-akhir ini proses komunikasi dipicu oleh banyaknya pertanyaan yang segera membutuhkan jawaban. Beliau juga berpendapat bahwa jejaring sosial jmulai beranjak menjadi titik awal komunikasi untuk mencari saran, ide, informasi dan juga jawaban.

“Sekarang ini, internet telah menjadi suatu forum yang dipenuhi pertanyaan dan jawaban. Orang-orang bahkan mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang tidak mereka tanyakan dan menerima pendapat atas kebutuhan yang tidak mereka sadari.” Katanya.

Dalam pesannya tersebut, Paus juga menyampaikan pendapatnya mengenai jejaring sosial yang biasanya dipakai untuk berkomunikasi salam bentuk pesan pendek. “Buah pemikiran yang mendalam pun dapat dikomunikasikan dalam bentuk kalimat-kalimat singkat, lebih singkat dari ayat Alkitab, selama mereka yang ikut andil dalam percakapan tersebut tidak lalai untuk mengembangkan kehidupan batin mereka sendiri.”

Paus sendiri bukan orang yang anti teknologi. Dalam masa kepemimpinannya, Vatikan telah meluncurkan kanal YouTube, aplikasi iPhone dan situs portal. Beliau juga mengirimkan tweet pertamanya melalui iPad dan baru-baru ini menggunakan tablet Android untuk menyalakan pohon Natal.

Halaman :
1

Ikuti Kami