Aksi Buruh di Cikarang, Demonstran Kini Kuasai Jababeka

Nasional / 27 January 2012

Kalangan Sendiri

Aksi Buruh di Cikarang, Demonstran Kini Kuasai Jababeka

Budhi Marpaung Official Writer
2320

Ribuan buruh di Cikarang yang sejak Jumat (27/1) pagi tadi berkumpul, kini mulai berada di kawasan Jababeka.

Sebelumnya, massa memadati jalan tol Cikarang Barat. Akibat perbuatan mereka itu, kemacetan pun terjadi disana khususnya ruas jalan tol yang dari arah Bandung menuju Jakarta.

Salah seorang perwakilan demonstran mengaku aksi mereka ini akan terus berlangsung sampai pihak Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) mencabut gugatan hukumnya.

Sebagaimana diketahui, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung baru saja memenangkan pihak Apindo selaku penggugat dalam kasus SK Gubernur Jabar Nomor 561/Kep.1540.Bangsos/2011 soal kenaikan UMK di Kabupeten Bekasi. Hal inilah yang memunculkan reaksi dari para buruh.

Sementara, terhadap putusan PTUN Bandung, Pemprov Jawa Barat melalui kuasa hukumnya mengajukan banding. Menurut mereka, putusan PTUN Bandung itu memiliki banyak kejanggalan, diantaranya Apindo mengingkari hasil musyawarah yang dihadiri Pemprov Jawa Barat, Departemen Pengupahan Kabupaten/Kota Bekasi, dan pihak Apindo sendiri.

“Keputusan itu hasil rekomendasi kabupaten/kota/pemrov yang sudah memenuhi syarat. Mekanisme sudah benar, substansi juga sudah benar. Jadi harusnya itu dipertimbangkan pengadilan. Maka gubernur perintahkan saya untuk banding,” ujar Kepala Biro Humas Umum dan Protokoler Pemprov Jabar Rudy Gandakusumah, Jumat (27/1).

Sumber : berbagai sumber/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami