Akhirnya Barang Impor di Banggar Akan Diganti Barang Lokal

Nasional / 26 January 2012

Kalangan Sendiri

Akhirnya Barang Impor di Banggar Akan Diganti Barang Lokal

Lois Official Writer
2194

Pihak yang mengurus renovasi ruang kerja Badan Anggaran atau Banggar DPR akhirnya mengganti berbagai barang impor yang sudah ada di ruang Banggar. Ketua Badan Kehormatan DPR M Prakosa mengatakan, pihak konsultan proyek dan Sekretariat Jenderal DPR dapat menerima rekomendasi BK agar berbagai barang impor ditukar dengan barang lokal. Langkah ini dilakukan untuk menghemat keuangan negara.

“Dengan seperti itu, setidaknya setengah biaya renovasi bisa dikembalikan ke negara,” kata Prakosa seusai rapat dengan konsultan proyek dan Sekjen di Komplek DPR, Rabu (25/1). Penggantian barang ini akan dilakukan dalam dua hari ke depan. Berita sebelumnya menyebutkan, barang paling mahal dalam proyek itu adalah pengadaan kursi dari Jerman dengan harga satu kursi Rp 24 juta, total Rp 4 miliar. Selain itu, ada juga pengadaan tiga layar LED senilai Rp 1.3 miliar.

Prakosa mengatakan bahwa pihak Setjen salah menerjemahkan permintaan pihak Banggar dan dia belum menemukan fakta bahwa pimpinan Banggar yang menentukan spesifikasi barang mewah itu. Mengenai dugaan penggelembungan harga dalam proyek itu, Prakosa enggan berkomentar karena bukan wilayah BK untuk mengungkapnya.

Yang namanya dewan perwakilan dari rakyat Indonesia, DPR harusnya mampu menunjukkan kepada masyarakat bahwa mereka benar-benar memikirkan kepentingan rakyat dan bukannya kepentingan segelintir kelompok. Sudah seharusnya juga DPR menunjukkan rasa cintanya terhadap produk lokal. Perlu ada pembenahan pemikiran agar DPR adalah benar-benar untuk rakyat.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami