Memperjuangkan Perdamaian, Delegasi Gereja Inggris Bertemu Presiden Palestina

Internasional / 26 January 2012

Kalangan Sendiri

Memperjuangkan Perdamaian, Delegasi Gereja Inggris Bertemu Presiden Palestina

Lestari99 Official Writer
3273

Sebuah delegasi yang terdiri dari tokoh-tokoh gereja senior di Inggris telah mengadakan pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Yang termasuk dalam delegasi tersebut adalah Uskup Agung Liverpool Rev Patrick Kelly, Uskup Agung Canterbury, Rev Dr Rowan Williams, dan Moderator Majelis Umum dari Church of Scotland, Rt Rev David Arnott.

Pertemuan diadakan di London bertempat di kediaman resmi Uskup Agung dari Canterbury, Lambeth Palace. Dalam pertemuan tersebut mereka membahas keadaan umat Kristiani di Tanah Suci dan proses perdamaian yang terus berjalan alot.

Presiden Abbas mengatakan dimulainya kembali pembicaraan dalam konteks dunia Arab telah membuka kesempatan langka yang harus diraih saat ini atau kesempatan itu akan hilang selamanya.

“Setelah melakukan ibadah bersama di Betlehem saat malam Natal, saya tidak hanya telah melihat pergumulan rakyat Palestina dari kehidupan mendasar mereka tetapi juga hasrat terdalam mereka untuk menegosiasikan perdamaian bersama-sama dengan warga yang berbagi tanah di sana. Saya mendorong setiap orang untuk menangkap kesempatan ini,” ujar Rev Arnott.

Uskup Agung Kelly bergabung dengan pertemuan ini setelah baru saja menghadiri pertemuan Koordinasi Tanah Suci, sebuah konferensi besar di Tanah Suci yang diselenggarakan oleh Gereja katolik setiap tahun. Rev Kelly mengatakan merupakan kebutuhan yang ‘mendesak’ untuk adanya ‘kepemimpinan yang kuat dan kreatif’ dalam mengatasi isu-isu pokok dari konflik.

“Keinginan rakyat Palestina yang merindukan perdamaian harus dikabulkan dan pertemuan hari ini dengan Presiden Abbas telah memperkuat tekad kami,” ujarnya.

Dr Williams menambahkan bahwa generasi muda yang terus meninggalkan wilayah konflik dalam jumlah besar sebenarnya sangat merindukan stabilitas.

“Kami terus berbagi harapan dengan para pemimpin Palestina untuk hadirnya perdamaian abadi di Tanah Suci, dan kami berdoa untuk keberanian pada semua pihak agar dapat memecahkan kebuntuan saat ini,” ujarnya.

“Generasi muda di wilayah Israel dan Palestina telah lama merindukan keadilan dan stabilitas dan kerinduan mereka tidak boleh dikecewakan.”

Perdamaian adalah sebuah hal langka di Tanah Suci, wilayah yang selalu dilanda konflik berkepanjangan selama berabad-abad. Suatu hal yang seharusnya menjadi esensi hidup dari setiap manusia yang hidup di bumi ini.

Sumber : christiantoday
Halaman :
1

Ikuti Kami