Umat Kristen dan Muslim Berdoa Bersama untuk Nigeria

Internasional / 25 January 2012

Kalangan Sendiri

Umat Kristen dan Muslim Berdoa Bersama untuk Nigeria

daniel.tanamal Official Writer
2943

Perpecahan yang terjadi di Nigeria nampaknya telah membuat masyarakatnya menjadi sadar bahwa hal it terjadi karena kepentingan politik semata yang menggunakan agama sebagai alat untuk mencapai tujuan. Karena itu Umat Kristen dan Muslim berkumpul dan berdoa bersama untuk Nigeria.

"Aku akan berdoa kepada Tuhan agar bencana tidak datang lagi. Bencana yang mengakibatkan kematian dan melukai orang-orang di kota kami," ungkap Gubernur negara bagian Kano, Rabiu Musa Kwankwaso, dikutip AFP dan dirilis Republika Senin (23/1).

Diperkirakan ratusan umat berkumpul disebuah rumah ibadah untuk bersama-sama berdoa untuk perdamaian dan stabilitas negara yang sedang terganggu, terlebih dari separatis kejam Boko Haram yang terus melancarkan aksi tidak bertanggungjawabnya.

"Saya menyuruh Anda untuk terus berdoa bagi perdamaian dan stabilitas di kota kami. Saya menyerukan kepada Anda menggunakan forum-forum agama untuk berdoa bagi perdamaian di tanah kami. Tanpa perdamaian, tidak akan ada hidup layak dan agama sendiri tidak dapat dipraktekkan." tegas Emir Ado Bayero pada para ulama Islam dan pemimpin Kristen.

Informasi terakhir yang bergulir di Nigeria adalah tewasnya ratusan orang akibat serangkaian serangan kelompok Boko Haram di Kano yang mengatakan bahwa serangan tersebut guna menanggapi penolakan pemerintah membebaskan anggota Boko Haram yang mendekam di penjara.

Sudah banyak aksi kepentingan bermuatan politis yang memakai agama sebagai kedok untuk menutupi niat busuk mereka. Hanya kesadaran kolektif diantara masyarakat saja yang dapat menghindarkan hal tidak bertanggungjawab dari para separatis terjadi.

Sumber : republika - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami