8 Langkah Merawat Anak Pengidap Flu Singapura

Gizi & Nutrisi / 24 January 2012

Kalangan Sendiri

8 Langkah Merawat Anak Pengidap Flu Singapura

daniel.tanamal Official Writer
21634

Flu Singapura atau HFMD (Hand, Foot, and Mouth Disease) adalah infeksi yang disebabkan virus RNA yang menimbulkan demam dan munculnya ruam di mulut berupa bintik-bintik merah, yang kemudian menjadi luka atau blister.

Pada umumnya penyakit ini tidak berbahaya. HFMD Coxsackie A16 adalah penyakit ringan dan akan sembuh dalam 7-10 hari. Komplikasi jarang dijumpai. Sangat jarang ditemukan anak dengan infeksi virus Coxsackie menderita meningitis viral dengan gejala demam tinggi, sakit kepala, kaku kuduk, sehingga memerlukan rawat inap.

Tidak ada terapi yang spesifik untuk infeksi enterovirus. Pastikan istirahat yang cukup serta pemberian terapi simptomatik untuk meredakan gejala demam dan nyeri di mulut. Anak dapat diberikan antiseptik untuk daerah mulut, analgesik-antipiretik misalnya parasetamol, cairan yang cukup, dan pengobatan suportif lainnya. Bila ada gejala yang cukup berat, barulah penderita perlu dirawat di rumah sakit.

Penting dilakukan desinfeksi peralatan makanan, mainan, dan handuk yang mungkin sudah terkontaminasi dengan cairan klorin. Hindari kontak dengan penderita HFMD dan istirahatkan anak penderita HFMD sementara dari sekolah atau tempat perawatan anak, untuk mencegah penularan virus kepada anak yang lain.

8 Langkah Perawatan

1. Segera ke dokter untuk memastikan apakah anak atau penderita terkena HFMD
2. Isolasikan penderita
3. Jaga kebersihan
4. Anjurkan istirahat yang cukup
5. Berikan asupan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi
6. Berikan nutrisi yang sehat dan gizi seimbang
7. Berikan obat-obatan simptomatik untuk mengurangi gejala demam dan nyeri mulut
8. Anjurkan penderita untuk tidak beraktivitas di luar (bersekolah atau ke kantor) selama 7-10 hari setelah ruam muncul

Sumber : detikhealth
Halaman :
1

Ikuti Kami