Jelang Imlek, Korsel Kirim Balon Kue Ke Korut

Nasional / 21 January 2012

Kalangan Sendiri

Jelang Imlek, Korsel Kirim Balon Kue Ke Korut

Lestari99 Official Writer
3353

Para pengungsi Korea Utara yang tinggal di Korea selatan melepaskan balon-balon berisi kue ke seberang perbatasan yang dijaga ketat pada hari Jumat (20/1). Mereka melakukan ini untuk membantu mantan saudara sebangsanya dalam merayakan Tahun Baru Imlek. Balon-balon tersebut dilepaskan oleh para aktivis yang juga membawa spanduk berisi seruan untuk menggulingkan rezin di Korea Utara.

Sekitar 20 balon yang berisi 100 kilogram pie coklat dilepaskan dari Pulau Ganghwa di bagian barat Seoul. Pie coklat adalah makanan ringan khas Korea Selatan yang sangat populer dan tidak banyak rakyat Korea Utara yang mampu membelinya.

Song Si-Yon, mantan polisi Korea Utara yang tinggal di Korea Selatan sejak 2007 mengatakan, “Ini adalah hadiah untuk saudara kami tercinta yang tinggal di Korea Utara. Kami harap balon-balon ini akan membantu warga Korea Utara merayakan tahun baru China dengan perasaan yang lebih bahagia.”

Kue-kue itu berisi marshmallow dan dilapisi coklat, diberikan sebagai makanan harian bagi lebih dari 40 ribu pekerja Korea Utara yang bekerja di kawasan industri Kaesong di Korea Utara.

Bulan lalu, North Korea Peace yang berkantor pusat di Seoul, melepaskan balon-balon tang berisi sekitar 800 pasang kaos kaki ke Korea Utara agar rakyat Korea Utara dapat menggunakannya untuk melalui musim dingin yang buruk atau menukar kaos kaki tersebut dengan makanan. Kaos kaki merupakan barang yang berharga di Korea Utara. Sepasang kaos kaki sama nilainya dengan 10 kilogram jagung, cukup untuk bertahan hidup bagi satu orang di negara komunis yang dilanda kelaparan itu.

Sebuah contoh yang mengharukan. Saudara sebangsa yang dipisahkan oleh ideologi yang berbeda, namun Korea Selatan tak pernah lupa bahwa rakyat Korea Utara adalah saudara mereka, bukan musuh yang harus dihancurkan. Meskipun secara politik mereka berperang, namun ikatan emosional di antara rakyat kedua negara ini sangatlah kuat.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami