Krisis Melanda Eropa, Sekarang Gereja Harus Bayar Pajak

Internasional / 21 January 2012

Kalangan Sendiri

Krisis Melanda Eropa, Sekarang Gereja Harus Bayar Pajak

Lois Official Writer
4374

Gara-gara krisis ekonomi yang melanda Eropa, membuat pemerintah melakukan cara-cara yang dapat menyelamatkan perekonomian negara. Seperti di Italia contohnya. Pemerintah setempat menerapkan peraturan baru dimana gereja-gereja Katolik diharuskan membayar pajak. Hal ini bagian dari peraturan yang mewajibkan semua property komersial dikenai pajak.

Karena peraturan baru ini, menurut Konsultan Perencanaan Perkotaan Pemerintah Daerah Roma, Paolo Berdini, Italia akan memperoleh tambahan 100 juta euro dari pungutan gereja. Partai Radikal Italia mengatakan, gereja Katolik di Italia memiliki lebih dari 100 ribu property, dan sepertiganya adalah komersial.

Menurut professor sejarah kontemporer Universitas Luiss, Francesco Perfetti, gereja selalu menjadi sasaran polemik. “Krisis utang memaksa pemerintah untuk mempertimbangkan kembali hak-hak istimewa bahkan yang selama ini dianggap sakral,” ujarnya.

Di jaman dahulu kala, di masa-masa Alkitab, Tuhan berkata bahwa imam adalah milik-Nya. Jadi, Tuhan berpesan agar umat Lewi yang melayani Tuhan pada waktu itu, hanya berfokus pada pelayanannya semata agar tidak dipusingkan dengan uang. Namun, nampaknya hal itu tidak berlaku sekarang. Namun, apapun keputusan yang dibuat, kiranya yang terbaik dan dengan begitu Italia maupun negara-negara lain dapat terlepas dari krisis ekonomi karena jika negara mengalami krisis, ditakutkan rakyatnya akan menderita.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami