Rapat Bahas GKI Yasmin Siang Ini, Akankah Jadi Jalan Keluar?

Internasional / 18 January 2012

Kalangan Sendiri

Rapat Bahas GKI Yasmin Siang Ini, Akankah Jadi Jalan Keluar?

Lois Official Writer
2573

Hari ini, DPR akan melakukan rapat gabungan bersama pemerintah membahas polemik yang terjadi di GKI Yasmin pada pukul 13.00 WIB. Hal ini dikatakan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso, Rabu (18/1). Rencananya, yang ikut dalam pembahasan ini adalah DPR dari Komisi I, III, dan VIII, pemerintah yakni Menteri Koordinasi Politik Hukum dan Keamanan, Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri, Kepala Polri, Ombudsman, Gubernur Jawa Barat, dan Walikota Bogor. Ikut diundang juga pengurus GKI Yasmin Bogor.

Juru bicara GKI Yasmin, Bona Sigalingging mengatakan pihaknya berharap DPR memberikan dukungan politik dengan menekan pemerintah agar melaksanakan putusan MA dan Ombudsman. Menurutnya, jika supremasi hukum tidak ditegakkan akan mengancam persatuan bangsa dan jemaat GKI Yasmin. “Bayangkan, anggota DPR (Eva Kusuma Sundari) saja berani dikejar-kejar, apalagi jemaat. Yang bisa menghentikan ini di tingkat pusat. Kita berharap presiden memerintahkan menteri-menterinya melaksanakan hukum dan melindungi jemaat. Jangan sampai ada pertumpahan darah dulu baru prihatin,” kata Bona.

Bona berharap rapat itu tidak kembali ditunda. Seperti diketahui, rapat gabungan itu diagendakan pertengahan Desember 2011. Namun, beberapa pemimpin lembaga pemerintah tak bisa hadir tanpa alasan yang jelas dan meminta penundaan rapat. Komisi III pernah meminta penjelasan Diani, namun tak ada titik temu.

Kesabaran rakyat mulai habis akibat lambannya penanganan masalah ini. Dari segi masyarakat non Kristen di sana, mereka merasa terganggu dengan ibadah yang berlangsung di jalanan. Dari segi jemaat GKI Yasmin, sudah ada banyak kasus mereka dirugikan. Diusir dari gedung gereja, tidak boleh beribadah di jalanan, padahal MA dan Ombudsman sudah memenangkan mereka. Jangan sampai terjadi konflik agama yang menimbulkan pertumpahan darah, karena itu hal ini harus segera ditangani.

Berita terakhir menyebutkan bahwa rapat bersama untuk membahas masalah GKI Yasmin ini dibatalkan karena pemerintah mempunyai urusan dadakan.


Baca Juga :

Dukung GKI Yasmin, Anggota DPR Dikejar Massa

RUU Jaminan Kebebasan Beragama lebih Dibutuhkan

Video Inspirasi : I Can Do This

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami