Alkitab dengan Bahasa Slang Untuk Jangkau Anak Muda

Internasional / 14 January 2012

Kalangan Sendiri

Alkitab dengan Bahasa Slang Untuk Jangkau Anak Muda

Lois Official Writer
6488

Dalam rangka menjangkau anak muda, maka pekerja sukarelawan pemuda dan Pendeta Daniel de Wolf menterjemahkan Injil dengan bahasa baru yang pas untuk anak jalanan dan diberi judul ‘de torrie van Mattie’. Mattie adalah bahasa gaul untuk teman atau sobat. Bahasa slang tidaklah mudah karena gabungan kata-kata dari bahasa Inggris, Papiamento, Suriname, Maroko, Turki, dan Belanda. Dalam menterjemahkan, De Wolf dibantu oleh anak muda dari berbagai latar belakang.

"Terjemahan semacam ini sudah ada di Inggris dan dinamakan ‘the word on the street’ (firman di jalan). Ide ini lalu diadopsi di Belanda dan saya diminta untuk melakukannya. Saya pikir ini ide yang baik.” kata De Wolf. Di Inggris, buku ini beberapa kali berhasil memenangkan penghargaan buku (rohani Kristen) dan juga menjadi salah satu buku terlaris di toko buku rohani. Amerika dan Jerman juga memiliki Injil versi jalanan mereka sendiri.

Lantas apakah anak muda berbondong-bondong membaca Injil karena tidak semuanya suka membaca? Karena itu de Wolf juga merekam kisah-kisah Injil dalam versi MP3, yang bebas diunduh di situs yang sudah dia sediakan. Tanggapan yang masuk rata-rata positif, namun reaksi negatif juga dia terima terutama dari orang-orang yang menganggap Alkitab sebagai kitab sakral, yang tidak boleh diutak-atik.

Kalau dibuat dalam bahasa Indonesia, terjemahan bebas Alkitab bahasa gaul kurang lebih akan berbunyi begini, “Maria, cewek yang mungkin waktu itu masih berumur 14 tahun, rencananya mo merit sama Yusuf bin Yakub. Mereka udah sampe tunangan segala. Pada jaman itu, menurut tradisi Yahudi, nge-seks mah kagak boleh sama sekali (sampe sekarang kali yee). Tapi eeh, Marianya, tek dung…”

Tentu bahasa gaul yang seperti itu akan membuat anak jalanan lebih suka dan mudah dimengerti oleh mereka. Apalagi Alkitab tersebut lebih menyerupai cerita, sehingga menarik minat pembaca. Tuhan kita adalah Tuhan yang kreatif, begitu juga dengan ciptaan-Nya. Maka dari itu, bisa jadi ide ini pun Tuhan yang berikan agar dapat menjangkau banyak jiwa.

Sumber : rnw.nl/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami