Masalah Indonesia Dengan Papua Nugini Telah Selesai

Nasional / 9 January 2012

Kalangan Sendiri

Masalah Indonesia Dengan Papua Nugini Telah Selesai

Budhi Marpaung Official Writer
3863

Hubungan yang sempat memanas antara Indonesia dengan Papua Nugini (PNG) kini telah membaik. Kepastian ini dikuatkan dengan sebuah surat faksimili berisi tanggapan resmi terhadap pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) soal insiden udara antara pesawat PNG dengan pesawat tempur Indonesia yang telah diterima pihak Kemlu, Senin (9/1).

Dalam faks tersebut, pihak PNG menyatakan bisa menerima penjelasan Indonesia dan memuji respon yang cepat dari Kemlu.

Selain itu, PM O'neill mengakui penyebab insiden tersebut adalah perbedaan flight clearance (izin penerbangan) yang dimiliki oleh pesawat jet Falcon yang saat itu ditumpangi oleh Wakil PM Belden Namah dan jajaran pemerintahan lainnya. Menurutnya, saat ini pihaknya juga tengah melakukan investigasi internal untuk memperjelas flight clearance yang terdaftar untuk pesawat jenis Falcon tersebut.

Faks yang diterima oleh Kemlu ditandatangani langsung oleh Sekretaris Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan PNG.

Sebelumnya, juru bicara Presiden Julian Aldrin Pasha yang ditemui para wartawan sudah mengungkapkan bahwa persoalan antara Indonesia dengan PNG telah selesai.

"Sudah dibicarakan oleh Menlu kita, Pak Marty sudah bicara. Sudah selesai," ujarnya.

Sikap pemerintah Indonesia yang tenang dalam memandang masalah dengan negara lain dan pengutamaan penyelesaian secara dialogis perlu diapresiasi. Hal ini semakin menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia adalah bangsa yang dewasa, yang tidak mudah marah apabila dipancing emosinya. Namun di lain sisi, Indonesia merupakan negara yang sangat menjunjung tinggi kedaulatan negaranya sehingga apabila ada negara lain yang semena-mena di wilayah nusantara maka akan ditindak sesuai dengan hukum berlaku secara internasional.


Sumber : detik/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami