Flu Burung Ancam Ibu Kota, Warga Diminta Tenang

Nasional / 9 January 2012

Kalangan Sendiri

Flu Burung Ancam Ibu Kota, Warga Diminta Tenang

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2155

Ibukota kembali dikagetkan dengan isu flu burung, pasalnya seorang pemuda bernama Puguh (23) diduga meninggal akibat suspect flu burung, Sabtu (7/1). Gubernur Daerah Ibu Kota Jakarta (DKI), Fauzi Bowo meminta masyarakat untuk tidak panik.

"Saya minta kepada masyarakat untuk tidak panik karena ini sedang dalam proses penelitian lebih dalam, lebih serius," kata Fauzi seperti dikutip dari detiknews, Senin (9/1).

Kasie Peternakan Perikanan dan Kelautan Jakarta Utara, Arifiana mengatakan kejadian ini baru pertama kali terjadi di Sunter, untuk itu pihaknya akan melakukan sweeping terhadap unggas di wilayah tersebut. "Rencananya besok, tim kami akan menggelar sweeping terhadap unggas di wilayah ini," ucap Arifiana.

Masyarakat juga diminta untuk mengikuti petunjuk dan instruksi dalam penanganan flu burung. Dinas dan instansi terkait sudah bergerak melakukan langkah-langkah guna mencegah sesuatu yang tidak diinginkan.

Flu burung bisa menular lewat kontak langsung dengan unggas yang terinfeksi virus tersebut, untuk itu  pencegahannya hanya bisa dilakukan dengan membakar bangkai hewan tersebut. Walau tidak terlalu efektif, kontak langsung dengan pasien penderita flu burung juga dapat menularkan virus tersebut. Cara lain untuk mencegah flu burung adalah dengan tidak mengkonsumsi produk unggas yang tidak dimasak sempurna.

Sumber : berbagaisumber/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami