Harap Berhati-Hati Terhadap Hujan Disertai Angin Kencang

Nasional / 6 January 2012

Kalangan Sendiri

Harap Berhati-Hati Terhadap Hujan Disertai Angin Kencang

Lois Official Writer
2683

Musim hujan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya diprediksi berakhir antara Maret hingga April 2012 dengan sifatnya fluktuatif. Hujan lebat akan terjadi selama satu hingga dua jam, sedangkan hujan ringan dapat bertahan hingga enam jam. Kepala Sub bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kukuh Ribudiyanto mengatakan air laut pasang anak naik dan memasuki sebagian wilayah daratan pada 10-20 Januari nanti. Karena hal itu juga, sebaiknya kita waspada terhadap banjir.

Akibat hujan yang disertai angin kencang pada Kamis (5/1) kemarin, tercatat ada 87 pohon tumbang yang paling banyak ditemukan di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Menurut Dinas Pertamanan dan Pemakaman (DIstamkam) DKI Jakarta, ada sekitar 30 persen atau sekitar 21 ribu pohon yang dinilai tua, dari 70 ribu pohon di DKI.

Hujan yang disertai angin kencang kemarin pun sempat memakan korban jiwa. Yadi (26) tewas tersengat kabel papan reklame yang runtuh menimpa kendaraan yang tengah ditumpanginya. Menurut petugas Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Brigadir Satu Widi, peristiwa tersebut terjadi di depan kampus Indonusa Esa Unggul, Jl. Arjuna Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Saat itu, angin kencang menyapu sebuah papan reklame yang menggunakan aliran listrik sehingga papan itu roboh dan menimpa mobil boks yang tengah dikendarai Yadi. Yadi kemudian keluar dari mobil untuk menyelamatkan diri, Nahasnya, kakinya terjerat kabel yang masih beraliran listrik. Ia tewas tersetrum kabel tersebut.

Hujan di daerah tropis yang hanya mempunyai 2 musim memang terbilang wajar, hujan harus menjadi kekuatiran tersendiri jika curah hujannya terlalu lebat. Berhati-hatilah dalam berkendara, sediakan paying maupun raincoat agar Anda tidak kehujanan. Jaga kondisi tubuh Anda dan jaga juga keselamatan Anda selama dalam perjalanan.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami