Spesifikasi Kiat Esemka, Mobil Jokowi Hasil Buatan SMK Solo

Nasional / 3 January 2012

Kalangan Sendiri

Spesifikasi Kiat Esemka, Mobil Jokowi Hasil Buatan SMK Solo

Lois Official Writer
2580

Selama ini Toyota Camry tahun 2002 selalu setia menemani walikota Solo, Joko Widodo. Namun, kini dia mengganti mobil tersebut dengan mobil baru buatan siswa SMK Negeri 2, SMK Negeri 5, dan SMK Warga, Solo. “Karena mobil ini bikinan anak SMK di Solo. Dari segi desain, kualitas, maupun mesinnya mobil ini menang semuanya. Mau mobil Amerika, Jepang, tetap apik iki (tetap bagus yang ini),” demikian alasan yang dikemukan Joko Widodo.

Mobil seperti apakah buatan anak bangsa itu? Mobil yang bernama Kiat Esemka ini berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) berbahan bakar bensin yang memiliki panjang 4.8 meter, lebar 1.74 meter, tinggi 1.84 meter, dan mampu memuat tujuh penumpang. Mesin mobil tersebut menggunakan mesin berseri SK EV 1.5 injection, memiliki kapasitas 1500cc dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 PK. Mobil baru Jokowi, panggilan akrab Joko Widodo ini juga memiliki 5 transmisi kecepatan dan satu gigi mundur dan mampu berlari dengan kecepatan maksimal 180 km/jam.

Mobil ini pada awalnya akan digunakan sebagai mobil dinas walikota dan wakil walikota terlebih dahulu. Namun, tidak menutup kemungkinan mobil lokal tersebut akan diproduksi massal. “Kalau ijin sudah komplit, bisa jadi industri. Komponennya dibuat industri rumahan, dirakitnya di pabrik oleh anak-anak SMK,” demikian penjelasan Jokowi.

Tentunya ada rasa bangga tersendiri dari pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan mobil ini, khususnya anak-anak SMK yang mengerjakannya. Dan tentu saja ada kebanggaan dalam masyarakat Indonesia dimana anak-anak muda berkarya dan menghasilkan sesuatu yang sangat positif buat negaranya.

Sumber : tribunnews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami