Tertangkap Kamera: Orang Utan Ajaib Berperilaku Seperti Manusia

Nasional / 29 December 2011

Kalangan Sendiri

Tertangkap Kamera: Orang Utan Ajaib Berperilaku Seperti Manusia

Lestari99 Official Writer
5591

Binatang ini dikenal sebagai ‘orangutan’ dan dari video ini sangatlah jelas kenapa mereka disebut demikian. Saat terlihat menyeka wajahnya dengan handuk basah, orangutan ini tahu persis bagaimana caranya mengalahkan cuaca panas.

Dengan mengambil sikap duduk di rumput di kebun binatang Tokyo, hewan pintar ini memasukkan handuk ke daslam kolam air. Ia kemudia mengeluarkan handuk dari dalam air, memerasnya dan mengelap tangannya dengan handuk seperti manusia. Tak sampai di situ ia kemudian menyegarkan muka dengan menyekanya menggunakan handuk basah tersebut. Orangutan ini sepertinya sangat menikmati cara cerdik yang membuatnya merasa dingin dan segar.

Ketika irangutan ini kemudian menolak berbagi handuk basah dengan orangutan yang lebih kecil, orangutan kedua ini kemudian mencoba menggunakan tangannya untuk memercikkan air pada dirinya sendiri. Namun dari caranya yang gigih untuk mendapatkan handuk basah tersebut, sepertinya ia tahu bahwa handuk tersebut sangat eektif untuk menyegarkan dirinya di tengah cuaca yang panas.

Kedua orangutan ini telah memukau dan membuat para pengunjung kebun binatang Tokyo merasa senang. Perilaku kedua orangutan ini bahkan telah menghibur pecinta hewan di seluruh dunia setelah menjadi hit di Youtube. Lebih dari 123.000 orang telah menonton videonya di Youtube anya seminggu setelah diposting.

Sebuah komentar lucu tertulis di video ini: “Klip pendek ini jauh leboh baik daripada seluruh adegan dalam film Planet of the Apes’.

Orangutan memang terkenal karena kecerdasan dan perilakunya yang mirip dengan manusia. Sebagai negara habitat asli dari hewan ini, seharusnya kita bangga karena secara tidak langsung mata dunia memandang Indonesia yang kaya akan beraneka ragam satwa di senatero hutan hujan tropis di negeri ini. Namun sayang, sejauh ini perhatian pemerintah atas kelestarian hewan-hewan ini masih terbilang kurang. Hal ini terlihat dari jumlah hewan langka yang terus menurun secara drastis dari tahun ke tahun, termasuk populasi orangutan.

Sumber : dailymail
Halaman :
1

Ikuti Kami