Prosesi Pemakaman Kim Jong Il Dimulai Hari Ini

Nasional / 28 December 2011

Kalangan Sendiri

Prosesi Pemakaman Kim Jong Il Dimulai Hari Ini

Lestari99 Official Writer
3985

Semenjak kematiannya diumumkan pada Sabtu (17/12) lalu, prosesi pemakaman Kim Jong Il dimulai pada hari ini (28/12). Prosesi ini rencananya akan dilangsungkan selama dua hari dengan upacara kenegaraan dan diperkirakan akan dihadiri oleh ratusan ribu orang. Belum ada rincian lebih lanjut soal pemakaman ini namun diperkirakan tidak akan ada delegasi asing yang menghadiri.

Bila pemakaman Kim Jong Il dilakukan seperti upacara penguburan ayahnya, Kim Il Sung, maka diperkirakan akan dilakukan secara militer dan diwarnai dengan tangisan puluhan ribu rakyat Korea Utara. Prosesi pemakaman ini akan menjadi perhatian umum terkait peranan Kim Jong Un sebagai pemimpin baru Korea Utara menggantikan ayahnya. Nama Kim Jong Un masuk dalam urutan pertama “komisi pemakaman nasional” yang diterbitkan kantor berita Korea Utara. Dua putra Kim Jong Il lainnya tidak termasuk dalam anggota komite dan belum terlihat sejak masa berkabung dimumkan.

Media Korea Selatan menyebutkan upacara pemakaman diperkirakan akan dimulai dengan tembakan senjata 24 kali dan disusul dengan parade tentara di pusat ibukota Pyongyang. Foto besar Kim Jong Il kemungkinan akan dipasang. Sedangkan rakyat akan menunggu di jalan dengan sebagian besar wanita mengenakan baju hitam. Di hari Kamis (29/12), akan diadakan mengheningkan cipta selama tiga menit diikuti dengan bunyi klakson dari kapal dan kereta.

Kepemimpinan Kim Jong Un akan menjadi era baru bagi Korea Utara. Namun apakah era ini akan membuat Korea Utara menjadi lebih baik? Apakah era ini akan menjadi awal perdamaian Korea Utara dengan Korea Selatan? Kita lihat saja nanti.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami