Jelang Natal, 45 Gereja jadi Prioritas Pengamanan.

Internasional / 20 December 2011

Kalangan Sendiri

Jelang Natal, 45 Gereja jadi Prioritas Pengamanan.

daniel.tanamal Official Writer
2503

Dalam Operasi Lilin Jaya jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2011, jajaran Polda Metro Jaya mengatakan bahwa terdapat 45 gereja di wilayah Jakarta dan sekitarnya yang diprioritaskan pengamanannya mulai 24 Desember 2011 hingga 3 Januari 2012.

"Ada 45 gereja di wilayah DKI Jakarta yang mendapatkan perhatian ekstra," jelas Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Kombes Agung Budi Maryoto di Mapolda Metro Jaya, Senin (19/12) seperti dirilis kompas.com.

Menurutnya Agung, ke-45 gereja itu, menjadi prioritas karena tingkat kerawanannya terhadap tindak kriminal. Karena itulah, pada 45 gereja itu juga diadakan security door untuk pengamanannya. "Kerawanan itu mulai ancaman, ada juga kejadian kriminalitas seperti copet atau jambret. Pada prinsipnya semua diamankan, tapi ada skala yang perlu diperhatikan," ujarnya.

Polda Metro Jaya dan jajarannya sendiri akan menurunkan 5.899 personel. Tidak hanya itu, sebanyak 1.500 personel dari Pemerintah Daerah juga diturunkan dalam rangka mengamankan natal.

"Personel keamanan itu akan disebar di beberapa tempat yang dianggap rawan seperti tempat ibadah dan tempat rekreasi. Kami juga berharap agar masyarakat yang tidak merayakan natal juga turut berpartisipasi membantu pengamanan Natal dan Tahun Baru," ujarnya.

Meskipun gereja menjadi titik sentral pengamanan, namun kepolisian perlu juga mengantisipasi berbagai kemungkinan mengenai lokasi lain yang harus dijadikan prioritaa pengamanan. Mengacu pada pengalaman, gangguan keamanan bukan hanya terjadi pada rumah ibadah saja, walaupun konteksnya sedang dalam perayaan keagamaan.

Sumber : Jawaban.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami