Pelajar Lebih Ingat Ayu Ting Ting daripada Pancasila

Nasional / 18 December 2011

Kalangan Sendiri

Pelajar Lebih Ingat Ayu Ting Ting daripada Pancasila

Budhi Marpaung Official Writer
2358

Dunia pendidikan di Indonesia semakin kacau saja. Bagaimana tidak, para pelajar yang seharusnya hafal dengan mata pelajar dan hal-hal mengenai kebangsaan seperti teks pancasila justru lebih mengingat lagu ‘Alamat Palsu’-nya Ayu Ting Ting.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tasikmalaya menjadi contoh bukti kebenaran hal ini.  

Sebagaimana diungkapkan Kepala Disdik Kabupaten Tasikmalaya, M Zein, Jumat (16/12), ada sekitar 500 murid SD dari total 178 ribu murid SD se-Kabupaten Tasikmalaya belum hafal teks Pancasila. Sedangkan di tingkat SMP, sebanyak 300 dari 52.000 siswa. Di tingkat SMA sekitar 200 dari 8.000 siswa.

"Rendahnya penghafalan teks Pancasila terutama berada di lokasi-lokasi terpencil," ujar Zein.

Sebelumnya, Zein sudah mengakui banyaknya siswa sekolah yang belum hafal teks Pancasila menjadi persoalan tersendiri bagi pihaknya maupun sekolah-sekolah yang berada di bawah naungannya. "Ini merupakan problem tersendiri. Guru sudah mengajarkan tapi murid lupa. Oleh sebab itu peran orang tua cukup penting dalam hal ini," ujarnya.

Masih diajarkan saja, banyak murid yang masih lupa dengan Pancasila. Ini sungguh hal yang serius karena mereka lah yang akan menjadi para penerus bangsa. Jika tidak diingatkan dari sejak usia sekolah maka Pancasila akan menjadi sejarah di Indonesia. Oleh sebab itu, diperlukan pendekatan yang lebih kreatif dari pemerintah untuk membuat murid lebih mudah menghafal hal-hal mengenai kebangsaan seperti teks Pancasila dan pembukaan UUD 1945.

Baca juga:

1. Pemberitahuan Mods Baru di Forum JC

2. Lagu Natal Barat: The Little Drummer Boy

Sumber : tribunnews/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami