Tokoh Lintas Agama : Indonesia Krisis Keteladanan

Internasional / 14 December 2011

Kalangan Sendiri

Tokoh Lintas Agama : Indonesia Krisis Keteladanan

daniel.tanamal Official Writer
4095

Menyikapi berbagai krisi dimensional yang terus terjadi di bangsa ini dan belum menemukan titik terang, sejumlah tokoh lintas agama berkumpul di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta, Senin (12/1) menyatakan bahwa Indonesia krisis keteladan dan harus terus dicarikan solusinya.

"Maraknya korupsi itu bukan penyebab, tapi akibat dari rendahnya keteladanan dari pemimpin. Itu juga akibat dari masih belum sempurnanya sistem politik yang mengakibatkan mereka (pemimpin) tidak memberikan teladannya," ujar Ketua Umum PBNU KH Said Aqil.

Menyikapi kondisi tersebut, tokoh lintas agama sepakat untuk terus berada pada posisi mengawal jalannya pemerintahan. Namun, tak akan segan memberikan kritik yang membangun. "Kalau memang pemimpin sudah terlampau melenceng, kami akan mengkritik. Kritik akan kami sampaikan dengan cara-cara yang santun, cara-cara yang dibenarkan sesuai ajaran agama," katanya.

Titik sentral yang dicermati terhadap problem bangsa ini yang menurut tokoh lintas agama memerlukan penanganan serius adalah soal keadilan dan kesejahteraan. Terakhir faktor keteladan menjadi perhatian penting yang harus diselesaikan karena Penyelengggara negara, baik legislatif maupun eksekutif, dianggap belum dapat menunjukkan teladan baik kepada masyarakat.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami