Santa Klaus Kalahkan Yesus Di New York

Internasional / 12 December 2011

Kalangan Sendiri

Santa Klaus Kalahkan Yesus Di New York

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4119

Natal sudah semakin dekat, kemeriahannya tidak hanya nampak di gereja namun juga di pusat perbelanjaan dan tempat-tempat hiburan. Film serta lagu bertema natal juga mulai juga sunter diperdengarkan, namun ironisnya banyak orang lebih mengenal Santa Klaus dan hadiah-hadiahnya dibandingkan Yesus Kristus sang Putra Allah.

Dilansir dari wikipedia, Santa Claus atau Sinterklas berasal dari kisah lama tentang seorang Santo Kristiani bernama Nikolas. Nikolas adalah seorang uskup yang memberikan hadiah kepada orang-orang miskin. Walaupun Sinterklas merupakan gambaran dari seorang uskup gereja Katolik, Paus tidak yakin akan kebenarannya karena pada kenyataannya lebih banyak dongeng atau khayalan yang dibuat mengenai Sinterklas, bahkan juga tercampur dengan berbagai kepercayaan dan budaya.

Pada 1970 Vatikan menghapus dan mencoret nama Sinterklas dari daftar orang-orang suci, tetapi karena banyaknya protes yang berdatangan, akhirnya Vatikan memberikan kelonggaran dan kebebasan untuk memilih apakah Sinterklas termasuk orang suci atau bukan diserahkan kepada diri masing-masing, tetapi secara resmi Sinterklas bukan termasuk orang yang dianggap suci lagi.

Paus Paulus VI memerintahkan agar sisa mayat dari Sinterklas dipindahkan saja dari Italia ke Amerika. Dengan demikian diharapkan orang Eropa akan bisa lebih cepat melupakan Sinterklas. Tepatnya pada 5 Desember 1972 sisa dari mayat Sinterklas sudah dipindahkan ke gereja Saint Nicolhas - Flushing - di New York.

Ketenaran Santa Claus di Amerika khususnya di New York, membuat dongeng ini menjadi tema “10 Film Natal Terlaris Sepanjang Masa” versi yahoo. 10 Film itu adalah :

  1. Christmas With the Kranks (2004)
  2. Tim Burton’s The Nightmare Before Christmas (1993)
  3. The Santa Clause 3: The Escape Clause (2006)
  4. Four Christmases (2008)
  5. A Christmas Carol (2009)
  6. The Santa Clause 2 (2006)
  7. The Santa Clause (1994)
  8. Elf (2003)
  9. The Polar Express (2004)
  10. How the Grinch Stole Christmas (2000)

Sebagai umat Kristiani, kita seharusnya bisa meluruskan penyelewengan yang terjadi dalam tradisi perayaan natal. Natal adalah tentang Kristus yang lahir ke dunia untuk menebus dosa umat manusia, bukan tentang dongeng seorang pria yang membagi-bagikan hadiah dengan menggunakan rusa terbang.

Sumber : berbagaisumber/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami