Siapakah Dia Pria Pelaku Bakar Diri di Depan Istana?

Nasional / 10 December 2011

Kalangan Sendiri

Siapakah Dia Pria Pelaku Bakar Diri di Depan Istana?

Lois Official Writer
3360

Pria yang nekat membakar diri di depan Istana Negara ini diketahui bernama Sondang Hutagalung (22). Siapakah dia? Menurut Staf Divisi Advokasi Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras), Chrisbiantoro, Sondang tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Karno (UBK) angkatan 2007.

Chrisbiantoro menjelaskan Sondang merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Ayahnya seorang sopir taksi dan ibunya tidak bekerja. Dia tinggal bersama keluarganya di Pondok Ungu, Bekasi. Selama ini dia memang dikenal aktif di organisasi pergerakan mahasiswa. Dia menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi Himpunan Aksi Mahasiswa Marhaenis Untuk Rakyat Indonesia (Hammurabi). Dia juga termasuk aktivis ‘Sahabat Munir’. Dia memerankan Munir lewat aksi teaterikal. Setelah itu dia pamit untuk menyelesaikan skripsi.

Sondang dikenal sebagai sosok aktivis yang kerap terlibat dalam berbagai upaya advokasi pelanggaran HAM. “Dia pribadi yang unik, selalu membuat suasana demonstrasi lebih hidup, dan cukup kreatif,” Chris menambahkan. “Sebulan sebelum kejadian, Sondang sempat menitipkan organisasi Hammurabi,” ujarnya.

“Dia seharusnya diwisuda sejak 24 November lalu,” kata Pembantu Rektor III Universitas Bung Karno, Daniel Panda, saat ditemui di ruang kerjanya, Jakarta Pusat, Jumat (9/12). Tetapi mengapa mahasiswa yang mendapat beasiswa selama dua kali untuk biaya kuliah satu tahun itu batal diwisuda? Ternyata skripsinya belum selesai. Namun, apakah itu yang menjadi alasannya melakukan pembakaran diri? Sampai saat ini belum diketahui dengan jelas.

Pembakaran diri tentu merupakan suatu perbuatan yang bodoh, apapun alasannya. Jika masalah menyerang, ingatlah bahwa persoalan itu tidak melebihi kekuatanmu. Ketika ingin berdemo, demolah dengan bijaksana. Jika ingin melakukan sesuatu yang menarik, biarlah dilakukan dengan cara yang baik. Apapun yang ingin Anda buat, buatlah dengan mengutamakan nilai-nilai positif.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami