Hari AIDS Sedunia : Jauhi Virusnya, Bukan Orangnya

Nasional / 2 December 2011

Kalangan Sendiri

Hari AIDS Sedunia : Jauhi Virusnya, Bukan Orangnya

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
2832

Hari AIDS yang jatuh setiap 1 Desember diperingati seluruh dunia sejak 23 tahun lalu (1988). Peringatan ini digunakan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya wabah AIDS yang disebabkan oleh virus HIV.

Tema yang diangkat tahun ini adalah “Lindungi Pekerja dan Dunia Usaha dari HIV & AIDS”. Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang bertindak sebagai leading sector mengangkat sebuah slogan “Stop HIV dan AIDS, Hapuskan Stigma dan Diskriminasi di Tempat Kerja.”

Tema ini dipilih agar agar masyarakat, khususnya pekerja dan dunia usaha dapat memeroleh akses terhadap informasi, pencegahan, dukungan, dan pengobatan sebagai bagian dari HAM.

Minimnya pengetahuan masyarakat tentang HIV/AIDS berkaitan penularan dan pencegahan membuat jumlah ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) meningkat terus. Jika digolongkan menurut kelompok umur, kelompok usia produktif yaitu 20-29 tahun adalah yang paling tinggi, yaitu 57,39 persen.

Wali Kota Bandung, Dada Rosada menyatakan, keprihatinannya terhadap pengidap HIV/AIDS di usia produktif. Sebab, memiliki peran penting bagi keluarga. “Pengusaha harus berusaha memperhatikan pekerjanya dalam memberi pengetahuan dan mencegah bahaya HIV/AIDS,”, seperti dikutip dari JPNN (2/12).

Hari AIDS Sedunia ini diperingati seluruh daerah di Indonesia dengan berbagai kegiatan. Di Semarang, para aktivis membagi-bagikan bunga kepada pengguna jalan raya. Di Sleman dilakukan pemberian pita, dan di NTT dilakukan kampanye memutus rantai penularan HIV. Di Purwokerto, para aktivis membagi-bagikan selebaran kepada pengguna jalan dan mengampanyekan penggunaan kondom.

Penyebaran AIDS memang harus dihentikan karena sangat mematikan. Untuk itu kita harus menghindari penggunaan jarum suntik yang tidak steril dan hanya boleh berhubungan seks dengan pasangan. Walaupun wabah ini berbahaya, kita tidak boleh mendiskriminasi ODHA (Orang Dengan HIV AIDS), justru sebaliknya kita harus mengasihi mereka agar mereka kuat dan bisa melawan penyakit tersebut. Dengan menerima mereka, kita telah mengurangi penderitaan batin mereka.

 

*Baca Juga : Jawaban.com Sudah Dapat Diakses Kembali

Sumber : berbagaisumber/vn
Halaman :
1

Ikuti Kami