SEA Games 2011 : Tibo Ingin Sepak Bola Redam Konflik Papua

Internasional / 21 November 2011

Kalangan Sendiri

SEA Games 2011 : Tibo Ingin Sepak Bola Redam Konflik Papua

Lois Official Writer
3046

Nama duo penyerang Papua, Titus Bonai atau Tibo dan Patrich Wanggai melambung karena berhasil membawa Garuda Muda ke babak final SEA Games 2011. Sukses keduanya ini menjadi pelipur lara bagi warga Papua yang tengah mengalami konflik yang belum kunjung reda apalagi padam akibat merasa dianaktirikan oleh pemerintah.

“Saya tidak yakin jika olahraga bisa membantu Papua menyelesaikan masalah mereka, tetapi untuk saat ini saya akan fokus mengembangkan bakat saya di sepak bola guna memberikan inspirasi kepada yang lain. Saya berharap melalui sepakbola kita semua bisa bersatu dan saling menghormati,” kata pria yang bernama lengkap Titus Jhon Londouw Bonai ini. Dan hal itu sedikit banyak terbukti dari perkataan Tibo selanjutnya. Dia katakan, “ Semua warga Papua memberikan dukungannya kepada kami, dari ibukota Papua hingga daerah terpencil sekalipun. Jadi saya rasa hal ini sangat berarti bagi mereka melihat rakyat Papua bermain untuk Timnas,” ucap Tibo kepada AFP tersebut.

Tibo memang seorang anak Tuhan yang takut akan Tuhan. Di setiap kesempatan dia selalu mengakui bahwa memang hanya semata karena Tuhanlah dia bisa melakukan gol-gol yang dia ciptakan. Begitu juga saat timnas u-23 melawan Vietnam hari Sabtu (19/11) yang lalu. “Tidak terbayang saya bisa mencetak gol. Saya puji syukur sama Tuhan Yesus karena Dia telah berikan yang terbaik,” begitu ungkapnya saat itu. Mengenai final kali ini, dia tidak berani memprediksi. “Saya tidak ingin mendahului Tuhan. Namun, aku percaya Tuhan akan memberikan kekuatan kepad kita,” pungkas ayah dari Natalia Krisnalia Bonai ini.

Tibo sangat mengharapkan bahwa melalui sepak bola bisa menyatukan Papua dalam kebersamaan. Hendaknya pemerintah Indonesia pun melihat peluang emas ini untuk meluluhkan hati rakyat Papua dan mencari solusi yang terbaik bagi mereka. Jika memang mereka merasa dianaktirikan, sudah selayaknya pemerintah tunjukkan penghargaan. Apalagi dua anak Papua yang berhasil mengharumkan nama Indonesia dan berhasil membawa timnas ke babak final.

Sumber : bola.net/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami