Budaya Bertanya

Investment / 21 November 2011

Kalangan Sendiri

Budaya Bertanya

Hot Triany Nadapdap Official Writer
2411

2 Tawarikh 18:4,

“Tetapi Yosafat berkata kepada Israel: ‘Baiklah tanyakan dahulu firman Tuhan.’"

Hosea 4:6, “Umatku binasa karena tidak mengenal Allah….”

Keluarga-keluarga dihadapkan dengan banyak persoalan dan kesempatan untuk membuat keputusan. Adalah hal yang baik bahwa kita tidak dapat melihat masa depan; bila kita bisa, kita akan menjadi sangat kecil hati. Tetapi, itulah hidup! Kita menerima yang baik bersama dengan yang buruk, dan bagaimanapun, semua itu tampaknya ternyata baik-baik saja.

Keputusan-keputusan finansial selalu ada dalam hidup ini. Kita tidak dapat menghindarinya, tetapi kita bisa belajar menanganinya dengan efektif. Solusi-solusi yang memuaskan pasti bisa ditemukan untuk persoalan-persoalan yang rumit. Apa yang harus dilakukan dengan tempat tinggal? Apakah sebaiknya disewa atau dibeli? Bagaimana agar bisa keluar dari utang? Bagaimana agar tetap tidak berutang? Apakah utang tertentu itu buruk? Adakah utang yang dianggap baik? Berbagai sumber bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah ini dan untuk mencapai tujuan-tujuan keluarga individu.

Persolan-persoalan lainnya berkaitan dengan: Bagaimana caranya agar kita bisa tetap membayar tagihan-tagihan ketika keluarga kita semakin bertambah banyak dan memerlukan begitu banyak hal? Sanggupkah kita mendanai sebuah mobil baru? Bagaimana kita dapat mengetahui apakah kita kini menabung cukup banyak uang? Ini semua adalah pertanyaan-pertanyaan penting dan masing-masing menimbulkan kekhawatiran tertentu. Yakinlah bahwa tidak ada satu jawaban yang cocok untuk semua individu dan semua keluarga.

Persoalan yang timbul bisa dijawab dengan menangani satu persoalan atau satu masalah satu per satu. Sebagian dari jawaban adalah sekedar mengenali persoalannya dan kemudian menyelesaikannya atau menjawab setiap pertanyaan satu per satu. Dengan melakukannya secara demikian, orang bisa menjadi produktif dan menghadapi keputusan yang sulit dengan lebih baik. Kelebihan lainnya adalah, Anda merasa puas karena Andalah yang mengendalikan kehidupan finansial Anda.

Meskipun jawaban-jawaban atas persoalan-persoalan finansial ini mungkin berbeda dari satu orang dengan orang lainnya, metode untuk dapat menjawabnya dapat serupa. Setiap persoalan yang terjawab, dan setiap masalah finansial yang terselesaikan dapat menggerakkan keluarga Anda dan Anda satu langkah lebih dekat ke tujuan-tujuan. Jika Anda mendapati bahwa tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran Anda tidak terpenuhi, maka kemungkinannya adalah bahwa tidak semua masalah dapat sepenuhnya diselesaikan.

Sumber : Disadur dari: Buku Biblical Principles for Becoming Debt Free! (Frank Damazio&Rich; Brott)
Halaman :
1

Ikuti Kami