Editorial Jawaban.com - Saatnya Meraih Gelar di Sea Games 2011

Internasional / 14 November 2011

Kalangan Sendiri

Editorial Jawaban.com - Saatnya Meraih Gelar di Sea Games 2011

daniel.tanamal Official Writer
2241

Buruknya persiapan penyelenggaraan Sea Games XXVI di Jakarta-Palembang kali ini, nampaknya tidak berpengaruh terhadap kedigdayaan para atlet Indonesia yang hingga hari keempat ini terus mendulang emas dan merajai klasemen perolehan medali di perhelatan akbar yang resmi bergulir di Stadion Gelora Bumi Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, 11 November lalu.

Sejumlah cabang olahraga yang menjadi target utama kontingen Indonesia untuk merebut emas, terus berjaya. Bahkan salah satu cabang olahraga yang paling disorot masyarakay yaitu sepakbola, terus menuai hasil menggembirakan usai lolos ke semifinal setelah dalam tiga kesempatan laga berhasil mengalahkan Kamboja, Singapura dan Thailand. Sementara masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Malaysia.

Ada satu motivasi tersendiri yang tengah melanda Indonesia. Ya, Garuda Merah Putih telah lama kering prestasi. Terakhir Indonesia berhasil menjadi Juara Umum pada 1997, itupun ketika mengadakan di Jakarta. Bahkan lebih miris lagi sepakbola. Usai terjungkal di Piala AFF, timnas senior pun gagal melaju ke putaran final piala dunia 2014.

Kini harapan akan prestasi itu terbuka lebar. Indonesia terus menunjukan kapasitasnya untuk merengkuh gelar. Penampilan Timnas U23 sepakbola begitu memuaskan. Namun hal inilah yang harus diwaspadai oleh Indonesia. Bahwa euphoria kemenangan sesaat haruslah ditukar dengan kewaspadaan dan mental juara.

Jangan lagi kita gagal di akhir pertandingan, setelah berpesta pora di awal pertandingan. Sejarah akan selalu mencatat siapa yang akan menjadi juara, bukan siapa yang berpesta terlebih dahulu. Kita harus ingat bahwa sudah terlalu lama Indonesia terpuruk di kancah Asia Tenggara, disaat semestinya negeri ini sudah bicara di ajang yang lebih tinggi seperti Asian Games atau Olimpiade.

Namun sekali lagi, bukan pemenang sejati jika kita memperolehnya dengan cara yang instan. Faktor tuan rumah haruslah menjadi penyemangat, bukan kemudahan nilai. Inilah saatnya Indonesia membuktikan diri pada dunia bahwa, di negara yang popular dengan korupsi ini, kebanggaan nasionalisme masih ada dan hidup selamanya.

Sumber : Jawaban.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami