Idul Adha, Rekatkan Persaudaraaan Islam Kristen di Ambon

Nasional / 7 November 2011

Kalangan Sendiri

Idul Adha, Rekatkan Persaudaraaan Islam Kristen di Ambon

Puji Astuti Official Writer
2571

Siapa bilang rasa toleransi antar umat beragama di Indonesia telah luntur, buktinya pada hari raya Idul Adha di kota Ambon malah jadi sarana untuk mempererat hubungan antar  umat beragama di kota yang baru-baru ini diguncang isu perpecahan.

Dalam perayaan Idul Adha pada Minggu, (6/11/2011) seekor kambing yang akan dikurbankan di arak keliling kampung diikuti oleh umat Islam dan Kristen di daerah Galunggung, Ambon. Setelah di arak, kambing tersebut disembelih.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh orangtua dan siswa pendidikan usia dini Kasih Mandiri ini,  daging kurban kemudian dimasak oleh orangtua dan siswa muslim. Setelah matang, maka hidangan dimakan bersama-sama dengan para orangtua dan siswa yang beragama Kristen.

Hal ini bukanlah sesuatu yang baru, tetapi merupakan tradisi masyarakat Ambon yang bernama “patita” atau makan bersama-sama. Acara ini membuat hubungan persaudaraan dikalangan masyarakat Ambon sangat kuat. Jadi, jika ada rumor bahwa ada perpecahan di Ambon, maka hal itu adalah ulah provokator yang tidak ingin Ambon dalam keadaan damai.

Sumber : Berbagai Sumber|Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami