Pencabulan yang Dilakukan Orang yang Harusnya Jadi Teladan

Nasional / 2 November 2011

Kalangan Sendiri

Pencabulan yang Dilakukan Orang yang Harusnya Jadi Teladan

Lois Official Writer
2331

Sungguh tidak dapat dimengerti, bagaimana seseorang yang harusnya menjadi teladan malah melakukan perbuatan-perbuatan yang mencoreng namanya sendiri. Hal ini jugalah yang terjadi di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Nanang Kosim Chotib (72) merupakan seorang guru ngaji di Madrasah Al Marfuah. Namun, kelakuannya tidak mencerminkan statusnya tersebut.

Dia dilaporkan ke Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) oleh para orang tua muridnya. Dia diduga telah mencabuli 36 anak muridnya yang masih di bawah umur. Diduga, perbuatannya ini telah dilakukannya sejak 2004 silam. Hal ini terbongkar ketika Yusuf Al Ghifari (40) selaku orangtua salah satu korban DY (7) saat anaknya tak mau lagi pergi mengaji. Karena curiga, anaknya tersebut dipaksa untuk menceritakan apa yang telah dialami anaknya tersebut.

Mendengar hal itu Yusuf mengadu ke Ketua RW serta tokoh masyarakat mengenai kejadian yang menimpa anaknya itu. Begitu tersebar, ternyata peristiwa yang sama juga dialami murid-murid lainnya. Sayangnya, sebagian besar pihak orangtua tidak berani melaporkannya dengan alasan malu. “(Saya) dipegang-pegang semuanya sama abi. Dan abi juga suruh buka baju dan celana. Aku lari ke bangku tapi abi terus maksa-maksa,” tutur DY atas pelecehan yang dialaminya.

Terkait hal ini, Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait mengatakan bahwa anak-anak yang mengalami trauma akan diwawancarai secara mendalam serta dilakukan terapi oleh psikiater. Hal mana yang sangat diperlukan oleh anak-anak agar mereka mendapatkan kesembuhan dari luka batin yang mereka alami.

Berapa banyak dari kita yang kurang menyadari bahwa di luar sana ada banyak pelecehan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab? Guru-guru yang harusnya memberikan pendidikan yang baik melakukannya. Petugas keamanan yang seharusnya melindungi tapi malah melakukan pelecehan itu. Mereka yang menjadi label contoh yang baik pun melakukannya. Bahkan ada bapak yang tega mencabuli anak kandungnya sendiri. Kita perlu mencegah hal-hal seperti ini terjadi dan jangan hanya diam ataupun merasa malu tapi laporkan orang-orang yang tidak senonoh tersebut.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami