Jakarta Dihimbau Waspada Banjir Sore Nanti

Nasional / 1 November 2011

Kalangan Sendiri

Jakarta Dihimbau Waspada Banjir Sore Nanti

daniel.tanamal Official Writer
1649

Intensitas hujan yang tinggi di Kota Bogor dan Kawasan Puncak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sejak, Selasa (1/11) dini hari menyebabkan ketinggian air di Bendung Katulampa, Kota Bogor meninggi dari biasanya.

Ketinggian air pada pukul 03.30 pun masih sekitar 40 sentimeter, sementara pukul 06.10 sekitar 80 sentimeter, dan 06.20 naik jadi 100 sentimeter. Ketinggian air itu menyebabkan Ciliwung masuk siaga III banjir. Namun, sekitar pukul 08.00, air mulai turun menjadi 90 sentimeter dan pukul 09.00 sekitar 70 sentimeter.

Penjaga pintu air Bendung Katulampa Andi Sudirman menyarankan agar masyarakat umum memantau ketinggian air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Kota Bogor secara langsung melalui koneksi internet. Dengan begitu diharapkan antisipasi banjir di sekitar Sungai Ciliwung bisa cepat dilakukan.

"Kalau layanan pesan singkat khusus untuk beberapa pengambil kebijakan. Namun, kalau lewat internet bisa melalui www.bpsd06.com," ujarnya kepada kompas.com.

Karena untuk mencapai Jakarta, air dari Bogor memerlukan waktu tempuh sekitar 12 jam, maka warga di bantaran Ciliwung sekitar Jakarta diimbau untuk waspada pada sore hari nanti.

Halaman :
1

Ikuti Kami