Menjadi Single yang Mapan Sebelum Ditemukan Pasangan Hidup

Single / 31 October 2011

Kalangan Sendiri

Menjadi Single yang Mapan Sebelum Ditemukan Pasangan Hidup

Lois Official Writer
4240

Sebagai seorang single yang ke depannya akan membina sebuah keluarga yang utuh, tentunya kita harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Baik itu secara fisik maupun mental. Sebelum Anda mendapatkan pasangan yang baik, terlebih dahulu Anda harus menjadi baik sehingga kehidupan keluarga yang Anda berdua jalani sesuai dengan jalur yang tepat. Kali ini, kita akan membahas masalah keuangan single secara khusus.

Meskipun Anda masih muda, tapi mulailah mengatur keuangan Anda secara baik. Sama halnya seperti diet untuk menurunkan berat badan, diet akan terasa menyiksa jika dilakukan asal-asalan. Karena itu, jangan sampai terjebak dalam pola hidup konsumtif. Namun, jika Anda sudah terjerumus di dalamnya, jangan kuatir. Ada beberapa hal yang perlu Anda hindari agar terbebas dari utang yang menjerat Anda, yaitu sebagai berikut :

Perubahan Sementara Hanya Berdampak Sementara

Seperti diet gila-gilaan, dapat dipastikan Anda akan kembali mengalami lonjakan berat badan segera setelah meninggalkan diet. Cara terbaik memangkas beberapa kilogram bobot tubuh adalah dengan mengubah pola makan dan kebiasaan berolahraga secara permanent. Begitu juga dengan diet keuangan. Anda mungkin dapat menyisihkan sejumlah uang di masa awal program penghematan ketat, tapi rencana itu bisa jadi membosankan dan macet di tengah jalan. Terapkan program keuangan sesuai batas kemampuan selama jangka panjang, hemat secara masuk akal dikombinasikan dengan peningkatan pendapatan dapat menjadi jalan keluar yang baik.

Tujuan yang Tidak Masuk Akal.

Anda tidak dapat memperbaiki kerusakan yang timbul dari aksi bertahun-tahun hanya dalam hitungan hari. Anda tidak dapat mengharapkan hasil yang cepat untuk mengatasi belitan utang atau minimnya tabungan. Yang harus Anda miliki adalah niat untuk melunasi utang dalam jangka waktu tertentu sesuai kemampuan Anda dari sekarang.

Gagal Mengontrol Porsi

Banyak orang yang tidak mengerti pengeluaran apa yang benar-benar termasuk kebutuhan dasar (makanan, tempat tinggal, transportasi, utilitas, pembayaran utang minimum, asuransi, dll). Jika besar biaya ini melampaui setengah penghasilan setelah dipotong pajak, akan sulit bagi Anda untuk dapat menabung uang di masa depan, melunasi utang, dan memenuhi kebutuhan hidup saat ini. Memang bukan pekerjaan gampang untuk memangkas biaya yang berlebih, namun Anda perlu mengorbankan sesuatu, seperti mengganti mobil mahal ke kelas yang lebih terjangkau.

Jika sedari muda Anda sudah dapat hidup dengan mapan, dapat dipastikan pasangan Anda merasa aman bersama Anda secara keuangan. Dan ini menjadi salah satu daya tarik yang tidak dipungkiri bahwa keuangan merupakan salah satu faktor dalam membina keluarga. Meski bukan yang terpenting, tapi cukup penting untuk dijadikan patokan dalam berumah tangga. Jadi single, mulailah mapan dari sekarang.

Sumber : mediaindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami