Tunggu dan Nikmati Purnama Jupiter Nanti Malam

Nasional / 28 October 2011

Kalangan Sendiri

Tunggu dan Nikmati Purnama Jupiter Nanti Malam

Lois Official Writer
1714

Kejadian alam yang akan terjadi ini tidak akan terjadi lagi dalam waktu dekat, jadi jangan sampai dilewatkan. Nanti malam, warga Indonesia harus bersiap-siap menanti purnama Jupiter. Purnama planet terbesar di Tata Surya ini akan bisa dilihat oleh seluruh warga Indonesia. “Ini akan terjadi sepanjang malam. Jupiter akan bersinar terang, mencapai magnitude kurang lebih -2.8. Warga kota pun bisa melihatnya walaupun ada polusi cahaya,” kata Hakim L. Malasan, Kepala Observatorium Bosscha, Institut Teknologi Bandung.

Purnama Jupiter dalam astronomi dikenal dengan istilah oposisi. Oposisi adalah kondisi dimana Jupiter berada pada jarak yang paling dekat dengan Bumi yaitu mencapai 629 juta km, sekitar 300 juta km lebih dekat dari jarak terjauh yang bisa dicapai. Pada saat oposisi, Matahari-Bumi-Jupiter berada pada satu garis lurus. Ini memungkinkan Jupiter bersinar lebih terang dari biasanya. Semakin besar angka yang disertai tanda minus, semakin terang pula sinar yang akan tampak.

Hakim menjelaskan, pengamatan purnama Jupiter bisa dilakukan dengan mata telanjang. Jupiter akan tampak di dekat rasi Taurus. Calon observer bisa mengunduh software Stellarium untuk memperkirakan posisinya. Tapi pada dasarnya, Jupiter akan terbit dari timur seperti layaknya matahari. Hakim mengungkapkan, oposisi sebenarnya terjadi setiap tahun, namun tahun ini yang paling istimewa. Jupiter bersinar lebih terang dari oposisi-oposisi sebelumnya. Anda bisa memotret Jupiter sendirian atau dengan background satelit-satelit besarnya.

Setelah tahun ini, kemungkinan besar baru akan terjadi lagi tahun 2022 dengan oposisi Jupiter sebaik tahun ini. Jadi, tunggu dan saksikan sendiri kejadian alam yang menarik ini nanti malam. Anda akan terkagum-kagum akan keagungan Tuhan dan betapa luar biasanya bagaimana Dia bisa menciptakan semuanya ini.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami