Semua Anjing Liar Dibasmi Agar SEA Games Sukses

Nasional / 26 October 2011

Kalangan Sendiri

Semua Anjing Liar Dibasmi Agar SEA Games Sukses

Lois Official Writer
2061

Dengan alasan menyukseskan SEA Games XXVI di Palembang, Suamtera Selatan, Dinas Peternakan Sumatera Selatan mencanangkan program pembasmian anjing-anjing liar di sekitar Jakabaring, Palembang. Yang parahnya, pembasmian anjing-anjing liar ini dilakukan dengan menggunakan racun mematikan. Hal ini akan mulai dilakukan pada hari Sabtu (29/10) mendatang.

Kepala Dinas Peternakan Sumatera Selatan Asrillazi Rasyid mengatakan, pembasmian anjing liar dilakukan karena anjing liar dikuatirkan menggigit manusia di sekitar kawasan Jakabaring yang akan dihadiri ribuan tamu asing itu. Sasaran pembasmian adalah anjing-anjing yang masih berkeliaran pada malam hari. Para pemilik anjing dihimbau untuk menjaga anjing miliknya pada malam hari tersebut. Surat edaran terkait hal itu mulai dibagikan Selasa (25/10) kemarin siang kepada masyarakat di sekitar Jakabaring.

Saat ini, populasi anjing liar di Palembang diperkirakan berjumlah puluhan hingga ratusan ekor. Mereka terlihat mencari makan di jalanan pada malam hari.  Mengenai hal ini, ada banyak tanggapan dari masyarakat. Selasa kemarin (25/10), hal ini menjadi trending twitt #StopKillingDogsForSEAGames. Semuanya rata-rata meminta agar pembunuhan terhadap anjing-anjing ini tidak dilakukan, meskipun mereka anjing liar sekalipun. Desi Anwar, salah satu presenter televisi mentweet, “People are cruel to animals” yang artinya manusia kejam terhadap binatang. ChikaAM91 mengatakan bahwa yang harusnya dibasmi itu koruptor, bukan anjing.

Pernyataan masyarakat Indonesia terhadap hal ini sungguh luar biasa. Tanggapan mereka langsung terlihat dan bagaimana mereka membela hak anjing untuk hidup. Sekiranya ada jalan keluar lain yang dapat dicapai untuk kenyamanan para ribuan tamu SEA Games tanpa harus menggadaikan nyawa anjing, kiranya pemerintah setempat mencari jalan yang lebih baik lagi.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami