Gempa Turki 7.2 SR, 217 Orang Tewas dan 1000 Terluka

Nasional / 24 October 2011

Kalangan Sendiri

Gempa Turki 7.2 SR, 217 Orang Tewas dan 1000 Terluka

Puji Astuti Official Writer
2187

Gempa dengan kekuatan 7.2 Skala Richter mengguncang Turki pada Minggu pagi, (23/10/2011). Setidaknya 217 orang dipastikan tewas dan 1000 orangt terluka, demikian keterangan resmi yang dirilis oleh Menteri Dalam Negeri Turki Idris Naim Sahin.

Setelah gempa pertama, terjadi 20 gempa susulan di daerah Turki timur, salah satu daerah termiskin di negara tersebut. Kekuatannya lebih kecil, yaitu 6 Skala Richter. Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan kemungkinan jumlah korban akan terus bertambah. Ada 55 bangunan runtuh di Ercis, sebelah utara Danau Van, sedangkan Bulan Sabit Merah menyatakan ada 25 apartemen dan asrama pelajar runtuh di kota.

Banyak bangunan rumah sakit rusak, saat ini mereka yang terluka di rawat di halaman rumah sakit.

“Orang-orang ketakutan,” demikian ucap reporter CNN Turki, Nevsin Mengu. “Mereka yang selamat saat ini berjuang melawan hawa dingin.”

Saat ini suplai listrik, gas dan telephone terhenti. Para penyelamat yang bekerja siang malam untuk menyelematkan para korban bekerja dengan tangan kosong. Saat ini Turki membutuhkan bantuan sesegera mungkin. Salah satu negara yang menyatakan akan segera mengirimkan pertolongan adalah Amerika Serikat, ketika Barack Obama menyampaikan bela sungkawa atas bencana yang terjadi di Turki.

Bencana tidak pernah bisa diduga kapan datangnya dan selalu menyisakan duka atas mereka yang tewas dan juga terluka. Uluran tangan untuk membantu mereka dengan cepat dan sigap sangat dibutuhkan. 

Sumber : CNN|Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami