Kedua Adiknya Menggantungkan Hidup Pada Bocah 13 Tahun Ini

Nasional / 22 October 2011

Kalangan Sendiri

Kedua Adiknya Menggantungkan Hidup Pada Bocah 13 Tahun Ini

Lois Official Writer
2126

Kisah bocah ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua. Kepahlawanan sekaligus keharuan menyelimuti perjalanan hidup bocah ini. Kepahlawanan itu mungkin hanya dirasakan oleh kedua adiknya, namun itulah adanya. Riswan Nur Rokim alias Okim baru berusia 13 tahun. Dia berasal dari Desa Bukur, Kecamatan Lengkong, Nganjuk, Jawa Timur. Tragis, tapi dirinyalah yang menjadi tulang punggung keluarganya saat ini.

Riwan harus bekerja berat menjadi tukang cari pasir untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan menyekolahkan kedua adiknya. Hal ini dikarenakan kedua orangtua mereka telah meninggal dunia. Setiap hari, dia harus kedinginan karena berendam di dalam sungai Widas untuk mencari pasir. Setelah mencari pasir, pasir itu dipanggulnya naik ke atas setinggi 10 meter.

Ayahnya meninggal dunia karena sakit saat duduk di bangku kelas IV, setahun kemudian ibunya meninggal juga akibat sakit. Ketiga kakak beradik ini lalu diasuh oleh neneknya yang sudah berusia lanjut dan tak mampu bekerja lagi. Itulah sebabnya, Ridwan memilih keluar dari sekolah dan selanjutnya bekerja. Dirinya tak ingin kedua adiknya Sugeng (11) dan Yuliana (5) bernasib sama sepertinya. Di tengah kesibukannya, Riswan juga harus menjemput adiknya yang duduk di bangku TK.

Dirinya mengaku pendapatannya bekerja sebagai pencari pasir tidak besar. Terkadang selama dua hari Riswan hanya memperoleh uang Rp 50 ribu bahkan terkadang tidak sama sekali. Meski demikian, jelas terbersit rasa senang dan bangga karena bisa membiayai sekolah adik-adiknya.

Bagi kita yang membaca ataupun mendengar hal ini, rasanya miris membayangkan seorang bocah harus menanggung beban seberat itu. Tergugahkah rasa kepedulian Anda ketika membaca hal ini? Alangkah baiknya jika kita menjadi terang dan garam bagi lingkungan sekitar kita, terutama bagi mereka yang membutuhkan bantuan kita. Mereka butuh uluran tangan, bersediakah Anda membantu?

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami