Biasakan Gaya Hidup Sehat di Kota Metropolitan

Info Sehat / 17 October 2011

Kalangan Sendiri

Biasakan Gaya Hidup Sehat di Kota Metropolitan

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3972

Hidup di kota metropolitan yang selalu sibuk mempengaruhi gaya hidup sebagian besar orang yang tinggal di dalamnya. Untuk itu kita harus menjaga kebiasaan untuk bisa tetap sehat. Berikut kebiasaan yang harus mulai kita latih untuk bisa tetap sehat hidup di kota besar :

Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidant

Aktivitas sehari-hari tidak mungkin lepas dari kemungkinan terpaparnya polusi udara seperti asap rokok ataupun asap kendaraan bermotor. Selain asap kendaraan bermotor, asap rokok juga dapat menimbulkan masalah kesehatan. Cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit karena polusi udara adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Selain itu, sebisa mungkin gunakan masker saat Anda beraktivitas di luar ruangan yang penuh dengan polusi. Penggunaan masker bisa bantu pencegahan debu dan zat-zat berbahaya lain untuk terhirup dalam tubuh.

Cukup Tidur

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental, karena waktu tidur adalah waktu untuk sel-sel tubuh melakukan regenerasi. Kurangnya istirahat di malam hari karena aktivitas yang sangat padat dapat menyebabkan depresi, menurunnya fungsi otak sehingga sulit untuk mengingat dan berkonsentrasi, sampai kenaikan berat badan. Waktu tidur yang dianjurkan adalah 5 sampai 8 jam setiap malamnya.

Awasi Kalori dalam Kandungan Makanan Anda
Sebagai pribadi yang sibuk dan dinamis, mungkin Anda lebih sering menikmati makanan di restoran ataupun café. Makanan yang disediakan di restoran biasanya mempunyai kadar garam, gula, ataupun lemak yang tinggi jika Anda kurang bisa memilah makanan yang baik. Hal ini dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan, misalnya timbul risiko obesitas, diabetes, ataupun hipertensi.

Sediakan Waktu Olah Raga
Anda bisa bangun 30 menit lebih awal dari biasanya untuk jogging ataupun bersepeda di pagi hari. Udara pagi yang segar tentunya dapat membantu menyegarkan pikiran dan membuat Anda lebih bersemangat untuk berolahraga.

Pola hidup yang baik tentu akan membuat Anda terhindar dari segala resiko penyakit. Namun yang tidak kala penting adalah kebiasaan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan orang disekitar kita. Terbukti, terapi berbicara akan mengurangi resiko depresi serta gangguan kesehatan yang lain.

Halaman :
1

Ikuti Kami