Inilah Pemicu Utama Munculnya KDRT di Papua

Nasional / 16 October 2011

Kalangan Sendiri

Inilah Pemicu Utama Munculnya KDRT di Papua

Budhi Marpaung Official Writer
2317

Tingginya kasus kekerasan dalam rumah tangga di Papua ternyata lebih banyak disebabkan oleh minuman keras (miras).

"Di Papua, kekerasan dalam rumah tangga akibat minuman keras dan pelecehan seksual masih cukup tinggi. Dan sebagian besar kasus KDRT yang terjadi disebabkan suami dalam pengaruh miras kemudian menyakiti pasangannya," ujar Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Provinsi Papua, Rika Monim, di Jayapura, Jumat (14/10).

Rika menambahkan, melihat dari tingkat pengonsumsian miras di Papua khususnya di Kota Jayapura yang semakin tinggi, dikhawatirkan angka KDRT akan terus meningkat.

"Kami selalu meminta kepada pemerintah daerah untuk membatasi peredaran miras karena punya dampak yang besar bagi orang yang mengonsumsi maupun lingkungan sekitarnya," pungkasnya.

Selain miras, faktor pemicu KDRT lainnya adalah ekonomi keluarga yang kurang sejahtera dan penyelesaian adat yang membuat setiap kali terjadi kekerasan dalam rumah tangga hal tersebut dianggap biasa.

Papua adalah salah satu propinsi dimana populasi mayoritas masyarakatnya adalah pemeluk agama Kristen. Fakta yang diungkapkan diatas tentu menyedihkan hati kita. Kiranya gereja disana dapat membawa solusi terhadap persoalan ini. Bukan tidak mungkin propinsi di sebelah timur Indonesia ini menjadi daerah percontohan pemerintah akan kerukunan rumah tangga.

Sumber : berbagai sumber/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami