Ini Dia Solusi TNI Dalam Menjaga Perbatasan Wilayah

Nasional / 15 October 2011

Kalangan Sendiri

Ini Dia Solusi TNI Dalam Menjaga Perbatasan Wilayah

Lois Official Writer
2325

Tentara Nasional Indonesia (TNI) mempunyai rencana khusus dalam menjaga perbatasan wilayah yang terletak di Kalimantan. “Nanti patok akan kita pasang GPS jadi kalau ada yang geser akan ketahuan,” ujar Panglima TNI Laksamana Agung Suhartono di gedung DPR, Jumat (14/10). Rencananya, setiap patok perbatasan seluruh wilayah Kalimantan ini akan dipasang GPS.

Suhartono juga mengusulkan agar pemerintah dan DPR mulai memikirkan mekanisme untuk melibatkan peran swasta dalam pembangunan wilayah perbatasan. Sebagai contoh, kata Panglima TNI pengusaha perkebunan sawit didorong untuk berinvestasi di wilayah perbatasan serta diwajibkan untuk membangun jalan di sepanjang perbatasan.

“Jadi jalan itu penting untuk saya gunakan dalam patroli perbatasan, pengusaha swasta juga bisa gunakan untuk usahanya. Tapi rencana ini sangat tergantung pimpinan-pimpinan daerah,” tambahnya.

Selama ini, wilayah perbatasan itu kurang mendapat perhatian. Dengan adanya pembangunan jalan-jalan, hal ini dapat berdampak baik buat masyarakat di sana sehingga mereka dapat menikmati sebagai salah satu bagian dari negara Indonesia. Pembangunan jangan terjadi hanya di kota-kota saja, tapi harus meluas ke seluruh Indonesia.

Sumber : tribunnews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami