Tiap Hari, Ada 7 Karyawan yang Meninggal di Indonesia

Nasional / 14 October 2011

Kalangan Sendiri

Tiap Hari, Ada 7 Karyawan yang Meninggal di Indonesia

Lois Official Writer
2022

Ternyata angka kematian pekerja akibat kecelakaan kerja di Indonesia termasuk yang tertinggi jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa maupun negara ASEAN lainnya. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pembinaan Pengamanan Ketenagakerjaan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muji Handoyo. “Kalau dirata-rata kasar, dalam satu hari ada tujuh pekerja Indonesia yang meninggal,” kata Muji dalam pertemuan Asia-Europe Meeting (ASEM) di Yogyakarta, Kamis (13/10).

Pertemuan yang diikuti oleh 38 negara Asia dan Eropa ini terdiri dari 24 delegasi dari sejumlah negara dan 14 wakil negara melalui kedutaan besarnya di Indonesia. Menurut Muji, data ini diperoleh selama tahun 2010 dimana ada 98 ribu kasus kecelakaan kerja dengan korban meninggal dunia mencapai 1200 orang. Angka tersebut sangat mengkuatirkan jika dibandingkan dengan negara-negara di Eropa dengan korban yang meninggal dunia tidak lebih dari 500 orang.

Yang membuat angka di Indonesia tinggi karena perbedaan definisi dalam perundangan yang mengatur tiap negara. Berdasarkan UU No. 1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja, dinyatakan bahwa kecelakaan kerja tidak hanya terjadi di tempat kerja, tetapi juga saat pekerja tersebut berangkat atau pulang kerja. Justru sebanyak 60% pekerja Indonesia meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas dan bukan di tempat kerja, tapi dihitung sebagai kecelakaan akibat kerja karena undang-undang yang berlaku tersebut.

Dalam workshop tersebut, ada empat poin rekomendasi yang dihasilkan, yaitu membangun dasar yang produktif untuk berbagi indromasi mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3), kesepakatan memperkuat kerjasama pelaksanaan K3 antara perusahaan, serikat pekerja dan pemerintah di tiap negara, dilakukan kerjasama K3 regional dan internasional untuk bidang riset dan peningkatan kapasitas anggota ASEAN, serta mempromosikan kesadaran bahwa pelaksanaan K3 yang baik dan memberikan perlindungan dan peningkatan kesejahteraan pekerja dan berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan.

Dengan adanya pertemuan seperti ini, diharapkan Indonesia dapat semakin lebih baik lagi. Dan angka kematian yang ditunjukkan itu merupakan tanda bagi kita untuk memperbaiki diri, terutama di jalan raya, agar tidak terjadi banyak kecelakaan ataupun hal-hal yang jelek sehingga ekonomi negara otomatis lebih baik lagi.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami