Kasus Yasmin Sudah Di Presiden dan DPR, Bagaimana Selanjutnya?

Internasional / 14 October 2011

Kalangan Sendiri

Kasus Yasmin Sudah Di Presiden dan DPR, Bagaimana Selanjutnya?

Lois Official Writer
1836

Kasus Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin yang berlarut-larut sudah dilaporkan oleh Ombudsman Republik Indonesia kepada Presiden dan DPR. Hal ini terkait dengan tidak adanya tanggapan Walikota Bogor terhadap surat rekomendasi Ombudsman agar melakukan pencabutan surat keputusan Walikota Bogor No. 645.45-137 tahun 2011 tanggal 11 Maret 2011 tentang IMB atas nama GKI Yasmin. “Alasan yang diberikan oleh Pemkot Bogor tidak dapat kami terima, karenanya kami berhak untuk mempublikasikan dan melaporkan hal tersebut kepada Presiden dan DPR RI,” ujar Budi Santoso, anggota Ombudsman RI Substansi Penanganan Laporan di Gedung Ombudsman RI, Kuningan, Jakarta, Jumat (14/10).

Menurut penelitian Ombudsman, fakta yang terjadi adalah putusan pengadilan pidana pemalsuan tersebut tidak terkait proses administrasi IMB GKI Taman Yasmin. Sebab surat tidak keberatan warga yang diajukan jemaat GKI yang memperoleh IMB adalah surat pernyataan tidak keberatan warga tanggal 10 Maret 2002 dan bukan surat pernyataan tidak keberatan warga tanggal 15 Januari 2006 yang dipidanakan. “Dengan demikian penjelasan atau alasan walikota Bogor tidak dapat diterima oleh Ombudsman untuk tidak melaksanakan rekomendasi sebagaimana dimaksud,” ungkapnya.

“Laporan ini kami sampaikan kepada Presiden dan DPR RI untuk memperoleh perhatian bahwa tindakan walikota Bogor dan Gubernur Jawa Barat tidak sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan yang baik dan reformasi birokrasi yang saat ini sedang dilaksanakan oleh pemerintah. Oleh karenanya hal ini perlu mendapat perhatian dan tindak lanjut dari ketua DPR RI sebagai bentuk pengawasan dan pembinaan.”

Akan kemanakah akhir dari kasus GKI Yasmin yang masih menyangkut dan tidak selesai ini? Kita berharap tentunya kasus ini dapat diselesaikan dengan damai dan tidak berlarut-larut. Dan meskipun ada kasus seperti ini, tentunya kita harus tetap berperan serta sebagai penyebar kasih dan menunjukkan bahwa kita mencintai mereka yang mencoba menghalangi dan menyebarkan kasih itu juga kepada mereka.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami