Inilah Pengaruh Peristiwa G30S Bagi Dunia Pendidikan Indonesia

Nasional / 6 October 2011

Kalangan Sendiri

Inilah Pengaruh Peristiwa G30S Bagi Dunia Pendidikan Indonesia

Budhi Marpaung Official Writer
10725

Peristiwa Gerakan 30 September (G 30 S) 1965 masih menjadi misteri bagi Indonesia. Kejadian yang sudah berlalu 46 tahun lalu tersebut masih menyisahkan banyak pertanyaan baik dari para sejarawan maupun masyarakat awam.

Kenyataan ini tentunya berdampak negatif bagi generasi muda yang ada di negeri ini, khususnya mereka yang masih menimba ilmu di sekolah. Mereka akan menjadi bodoh dan kurang dewasa. Mengapa begitu? Karena mereka menerima suatu informasi yang sebenarnya masih abu-abu.   

Sebuah pepatah mengatakan bahwa kebenaran itu adalah absolut, tidak dapat ditawar-tawar. Jadi, jika ada satu kejadian yang secara fakta hanya bisa dibuktikan 90 persen maka hal itu tidak dapat dikatakan kebenaran.

Menyambung kepada peristiwa G 30 S. Murid-murid seharusnya menerima ajaran yang benar, tidak ada pengaburan sama sekali dari apa yang diajarkan oleh sang pengajar. Jika hal ini dilanggar maka itu sama saja dengan mempermainkan sejarah dan ini bisa fatal akibatnya.

Fakta membuktikan ada banyak korban dari peristiwa G 30 S yang berusia anak-anak harus menyembunyikan identitas diri mereka karena mereka takut akan dilecehkan atau “diadili” secara sosial oleh teman-teman mereka.

Fakta lain adalah guru-guru di sekolah pada umumnya menerangkan pada murid-murid bahwa yang menjadi pelaku dari kebiadaban terbunuhnya para Jendral adalah orang-orang dari Partai Komunis Indonesia (PKI). Bukti yang mengarahkan kemungkinan adanya pihak lain yang ikut bermain di dalam peristiwa ini tidak pernah mau diungkapkan.

Entah sampai kapan peristiwa G 30 S menjadi gelap. Semoga dengan berjalannya waktu, kebenaran muncul dan semua anak bangsa mengetahui apa sesungguhnya yang terjadi di Jakarta dan sejumlah wilayah lain di Indonesia waktu itu. Bila ini terungkap benar-benar maka harapan untuk memiliki generasi yang jujur, adil, dan berkualitas pasti terwujud.

Sumber : Jawaban.Com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami