Di Tangan Ahli, Kritik Warga Jakarta Jadi Komik Seru

Nasional / 3 October 2011

Kalangan Sendiri

Di Tangan Ahli, Kritik Warga Jakarta Jadi Komik Seru

Lois Official Writer
2118

Ketika HUT Jakarta ke-484 lalu, lewat ubeg-ubeg dan kotak nyablak, warga Jakarta mengutarakan uneg-unegnya. Tulisan-tulisan dan rekaman yang berisi kritik pedas terhadap kota Jakarta ini tidak akan dibuang begitu saja, namun akan dikumpulkan menjadi sebuah buku komik humor. Kartunis kondang, M. Mice Misrad berkolaborasi dengan novelis Ita Sembiring akan membuat buku dengan judul ‘Andai Aku Jadi Gubernur Jakarta’ dan ‘Jakartaku Harapanku’ yang sumbernya dari kritikan tersebut.

“Awalnya saya tertarik dengan isi event ubeg-ubeg dan kotak nyablak. Terutama ubeg-ubeg karena orang semaunya saja protes sama Pak Fauzi Bowo. Ini kesempatan buat saya, daripada saya ngeritik sendiri, tapi ini ada ribuan komentar dari warga Jakarta. Mudah-mudahan Pak Foke humble, mau menerima,” ujar Mice Misrad dalam acara soft launching kedua buku tersebut pada minggu lalu.

“Anda tidak bisa menyimpulkan ini ada kaitannya dengan Pilkada DKI 2012 sebelum Anda membaca buku ini. Tapi kami pastikan ini benar-benar suara dari warga Jakarta, kami tidak menguntungkan atau merugikan salah satu pihak,” tutur Ita Sembiring. Saat ini, proses pembuatan buku telah mencapai 80 persen. Diperkirakan pada akhir Oktober nanti akan rampung secara keseluruhan. Buku yang diterbitkan oleh Penerbit Nalar setebal 128 halaman full color ini rencananya akan dicetak 5.000 eksemplar dengan perkiraan harga penjualan Rp 40 ribu – Rp 50 ribu.

Suatu cara yang efektif dalam mengupayakan suara aspirasi rakyat didengar oleh pemimpinnya. Mice Misrad dan Ita Sembiring, keduanya melakukan bagian mereka. Menggunakan talenta yang ada pada mereka untuk ikut menyumbangkan suara melalui karya-karya mereka.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami